Liga Inggris

Bukan Trio Firmansah, Gerrard Sebut 2 Pemain Kunci di Liverpool

Kamis, 23 Juli 2020 14:32 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Joe Gomez, Gini Wijnaldum, dan Virgil van Dijk. Copyright: © John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Joe Gomez, Gini Wijnaldum, dan Virgil van Dijk.

INDOSPORT.COM - Mantan kapten legendaris Liverpool, Steven Gerrard, menyebutkan bahwa kunci kesuksesan mantan klubnya tersebut adalah memiliki dua pemain kunci.

Penantian panjang selama 30 tahun lamanya akhirnya tercapai juga, secara resmi Liverpool dinobatkan sebagai juara Liga Inggris musim 2019-2020 setelah berhasil memimpin puncak klasemen dengan selisih poin yang jauh dari rivalnya, Manchester City.

Kepastian tersebut didapatkan oleh pasukan Jurgen Klopp setelah Manchester City berhasil ditumbangkan oleh lawannya, Chelsea, pada lanjutkan kompetisi Liga Inggris yang digelar beberapa waktu lalu.

Sebelum mendapatkan gelar juara Liga Inggris, Liverpool juga sudah mengantongi beberapa trofi pada tahun sebelumnya. Ada gelar juara Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub yang berhasil mereka raih pada tahun 2019 lalu.

Melihat gelar juara yang didapatkan oleh The Reds itu membuat banyak pihak melontarkan komentarnya dan menganggap bahwa kunci kesuksesan Liverpool dengan capaian sekarang berkat adanya trio Firmansah, yakni Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

Kendati demikian, terdapat pendapat yang berbeda dari kebanyakan orang. Pendapat tersebut keluar dari mulut Steven Gerrard yang merupakan kapten legendaris The Reds beberapa tahun yang lalu.

Menurut Stevie G, terdapat dua sosok pemain kunci di balik kesuksesan Liverpool mendapatkan gelar juara tersebut dibandingkan ketiga pemain yang diberi julukan Trio Firmansah itu. Kedua pemain tersebut adalah Virgil van Dijk dan Alisson Becker.

“Untuk alasan yang jelas, dua buah puzzle yang dibutuhkan Liverpool untuk kembali berjaya adalah sosok Alisson Becker dan Virgil van Dijk. Saya pikir Liverpool adalah sebuah tim yang bagus dan menarik bahkan sebelum kedatangan dua pemain itu,” kata Gerrard dilansir dari Mirror.

Legenda Liverpool itu menambahkan bahwa setelah kedatangan Van Dijk dan Alisson Becker, ada perubahan yang menjadikan The Reds sebuah tim yang semakin memiliki kualitas terbaik di seluruh dunia.

“Namun, kedatangan keduanya benar-benar mengubah Liverpool menjadi sebuah tim dengan kualitas terbaik di dunia. Virgil van Dijk dan Alisson adalah pemain yang benar-benar fenomenal,” tambahnya.

Liverpool mendatangkan Virgil van Dijk pada tahun 2018 lalu dari Southampton. Kedatangannya harus membuat The Reds mengeluarkan uang sebesar 75 juta poundsterling atau sekitar Rp1,4 triliun.

Sementara itu, Alisson Becker didatangkan dari AS Roma pada tahun 2018 untuk menggantikan Loris Karius yang berpenampilan buruk di ajang Liga Champions 2018. Ia didatangkan dengan biaya transfer 67 juta poundsterling atau kisaran Rp1,2 triliun.

Dengan mendatangkan kedua pemain tersebut, Liverpool harus menggelontorkan total uang sebesar Rp2,6 triliun. Pengeluaran ini sebanding dengan capaian yang diperoleh The Reds selama beberapa musim terakhir.

Di sisi lain, Steven Gerrard merupakan bagian Timnas Inggris yang bertabur bintang pada era 2000-an, bersama talenta induvidual lainnya seperti Wayne Rooney, Frank Lampard, dan David Beckham. Namun selama mengikuti kompetisi internasional, mereka belum pernah mempersembahkan trofi.