Bola Internasional

Egy Maulana Vikri Menghilang, Lechia Gdansk Kalah di Final Piala Polandia

Sabtu, 25 Juli 2020 09:35 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Mikolaj Barbanell/SOPA Images/LightRocket via Getty Images
Pemain asal Indonesia Egy Maulana Vikri hilang kala Lechia Gdansk takluk di partai final Piala Polandia. Copyright: © Mikolaj Barbanell/SOPA Images/LightRocket via Getty Images
Pemain asal Indonesia Egy Maulana Vikri hilang kala Lechia Gdansk takluk di partai final Piala Polandia.

INDOSPORT.COM - Nasib tak memuaskan harus dialami oleh Lechia Gdansk kala takluk di final Piala Polandia atas Cracovia Krakow, Sabtu (25/07/20). Siapa sangka hal tersebut terjadi setelah Egy Maulana Vikri menghilang dari susunan pemain dan cadangan tim.

Berlangsung di Stadion Arena Lublin, Lechia sesungguhnya sempat berada diatas angin lawan rivalnya ini. Terbukti dengan gol dari Omran Haydary yang membuat skor timpang sebelah tepat di menit ke-20 hingga babak pertama berakhir.

Sayangnya keunggulan dari mereka tak bertahan lama setelah Cracovia menyamakan kedudukan lewat sepakan dari Pelle van Amersfoort. Walaupun kembali memimpin lewat Patryk Lipski di menit ke-86, mereka malah kembali kebobolan oleh David Jablonsky tepat dua menit kemudian.

Jalani babak perpanjangan waktu, Bialo-zieloni malah takluk lewat gol semata wayang Mateusz Wdowiak yang membuat kedudukan berakhir 2-3. Sepanjang pertandingan ini, Egy yang biasanya diikutsertakan justru menghilang. Padahal ketika bintang asal Indonesia itu selalu dibawa, Lechia terbilang sukses hingga partai pamungkas.

Usut punya usut, absennya Egy di pertandingan akhir Piala Polandia ini disebabkan oleh pemanggilan Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Indonesia. Seperti diketahui sebelumnya, Timnas Tanah Air akan menjalani beberapa laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Terbilang punya potensi berposisi sebagai gelandang andalan, Shin Tae-yong nampak yakin akan peran krusial dari Egy untuk menyempurnakan susunan lini tengahnya. Tak hanya demi kepentingan mengharumkan bangsa, kesempatan ini bisa jadi sarat bagus agar pemain asal Medan ini buktikan diri di Lechia Gdansk.

Pasalnya semenjak didatangkan pada 2018 silam, Egy lebih banyak menjadi penghangat bangku cadangan saja sehingga kurang bisa tunjukkan tajinya di kompetisi sepak bola negeri Elang Putih tersebut. Ia bahkan dirumorkan bakal dijual pada bursa transfer lanjutan dan diperebutkan oleh tiga tim Eropa.

Terlepas dari kepergian Egy demi kepentingan Timnas Indonesia, kekalahan atas Cracovia ini memberikan luka besar bagi Lechia Gdansk yang berusaha pertahankan gelar juara Piala Polandia. Musim lalu mereka berhasil merebut trofi usai kandaskan Jagiellonia Bialystok di partai akhir dengan skor tipis 1-0.