Bola Internasional

5 Tim yang Dalam Satu Musim Pernah Diisi Banyak Calon Pelatih Top Eropa

Minggu, 26 Juli 2020 20:13 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Juventus.com
Barcelona dan Juventus adalah 2 dari 5 tim yang dalam satu musim pernah diisi oleh banyak calon pelatih top Eropa. Copyright: © Juventus.com
Barcelona dan Juventus adalah 2 dari 5 tim yang dalam satu musim pernah diisi oleh banyak calon pelatih top Eropa.

INDOSPORT.COM – Pelatih adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah klub. Klub yang berisi pemain hebat namun tak memiliki pelatih kualitas jempolan akan kalah dengan klub yang berisi pemain biasa saja namun memiliki pelatih dengan kualitas kelas wahid.

Beberapa pelatih hebat tersebut tak semuanya sempat merasakan karir sebagai pemain hebat. Namun, ada juga yang mampu meraih kesuksesan ketika masih menjadi pemain dan saat menjadi pelatih.

Carlo Ancelotti, Antonio Conte, Pep Guardiola adalah deretan pelatih yang tak kalah hebat ketika masih berkarir sebagai pemain profesional. Bandingkan dengan nama-nama seperti Jurgen Klopp atau Jose Mourinho yang hanya hebat ketika berkarir sebagai pelatih saja.

Beberapa pelatih top Eropa saat ini ternyata pernah bermain bersama dalam satu tim. Dirangkum dari Squawka, berikut adalah 5 tim yang dalam satu musim pernah diisi oleh banyak calon pelatih top Eropa.

Juventus 1996/97

Antonio Conte (Inter Milan)

Zinedine Zidane (Real Madrid)

Didier Deschamps (Timnas Prancis)

Era ini adalah era di mana Serie A Italia masih menjadi kompetisi paling elit seantero Eropa. Musim ini sendiri merupakan salah satu musim tersukses Juventus.

Mereka berhasil menggondol trofi Serie A Italia dan hampir menjadi kampiun Liga Champions 2 musim beruntun andaikata mereka tidak dikalahkan oleh Borussia Dortmund di final.

Dari skuat asuhan Marcelo Lippi tersebut, muncul tiga pemain yang menjelma menjadi pelatih papan atas Eropa. Conte, Zidane, dan Deschamps telah berhasil membuktikan kesuksesan mereka.

Jika digabung, ketiga pelatih tersebut berhasil meraih 3 trofi Liga Champions, 1 trofi Piala Dunia, 1 trofi Liga Inggris, 3 trofi Serie A Italia, 2 trofi LaLiga Spanyol, dan beberapa trofi lainnya.

Argentina 2001

Diego Simeone (Atletico Madrid)

Mauricio Pochettino

Dipimpin oleh Marcelo Bielsa, Argentina tahun ini berhasil menelurkan 2 pelatih papan atas Eropa. Simeone sukses membawa Atletico menjadi salah satu kekuatan sepakbola Eropa beberapa musim terakhir ini.

Sedangkan Pochettino meraih ketenaran kala melatih Espanyol, Southampton dan Tottenham Hotspur. Untuk Tottenham, dirinya bahkan berhasil membawa klub asal London itu melaju ke final Liga Champions musim 2018/19 yang lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%