Liga Inggris

Jika Ingin Gelar Juara Musim Depan, Liverpool Harus Contoh Man City

Selasa, 28 Juli 2020 10:18 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Laurence Griffiths/PA Images via Getty Images
Jordan Henderson mengangkat trofi Liga Primer Inggris bersama skuat Liverpool Copyright: © Laurence Griffiths/PA Images via Getty Images
Jordan Henderson mengangkat trofi Liga Primer Inggris bersama skuat Liverpool

INDOSPORT.COM - Kampiun Liga Inggris musim 2019/2020, Liverpool, disebut harus mencontoh saingan terkuatnya, yakni Manchester City untuk bisa mempertahankan gelar tersebut di musim depan.

Liverpool akhirnya telah mewujudkan mimpi sebagai juara Liga Inggris musim 2019/2020. Pasukan dari Jurgen Klopp terbukti sebagai yang paling tangguh dalam 38 pekan semusim di kompetisi kasta tertinggi. Mereka memiliki selisih poin yang sangat jauh dari tim yang lain.

Kendati demikian, Liverpool jelas tidak bisa hanya berdiam diri saja, tim-tim kuat lainnya seperti Manchester City, Chelsea, dan Manchester United sudah memulai untuk proyek pengembangan skuatnya.

Melihat hal tersebut, sudah dipastikan bahwa persaingan di musim depan akan lebih sengit karena banyak klub yang ingin bersaing demi memperebutkan gelar juara Liga Inggris di musim depan. Maka dari itu, Liverpool harus bisa mencari cara agar bisa mengembangkan skuatnya.

Saat ini Liverpool bisa dikatakan memiliki skuat yang hampir sempurna dalam segi permainan dan komposisi pemain yang masuk dalam skuat utamanya. Namun, masih banyak kendala yang dialami oleh Liverpool.

Pernyataan tersebut juga diamani oleh analis dari Liga Inggris dan juga mantan pemain Liverpool, Steve McManaman. Menurutnya musim ini The Reds terbukti beberapa kali mengalami kesulitan ketika merotasi tim.

“Sulit membayangkan starting XI mereka bisa lebih baik lagi. Ketika Anda berhasil jadi juara dunia dan telah meraih segalanya, sulit ketika Anda harus berbicara soal starting XI,” kata McManaman kepada BT Sports.

“Namun, saya yakin skuat masih bisa berkembang. Kedalaman skuat bisa ditingkatkan dan diperbaiki. Mereka memerlukan pemain-pemain yang lebih berkualitas di bangku cadangan,” tambahnya.

Meski sudah menjuarai Liga Inggris musim ini, Liverpool dinilai oleh McManaman masih lebih baik dari Manchester City dari segi kualitas pemain. Ia juga menyarankan untuk mantan klubnya tersebut agar memiliki metode yang sama dengan The Citizens.

“Skuat seperti Manchester City punya kedalaman yang lebih baik dari pada Liverpool. Itulah yang harus diperhatikan Klopp. Saya kira mereka membutuhkan beberapa pemain cadangan untuk menggantikan pemain di skuat utamanya,” ujarnya.

Pemilik nama asli Steven Theodore McManaman adalah mantan pemain sepak bola asal Inggris yang bermain pada tahun 1990-an hingga awal 2000-an. El Macca biasa bermain di posisi gelandang sayap saat menjadi pesepakbola aktif.

Dalam kariernya McManaman pernah bermain bersama dua klub paling sukses di sepak bola Eropa, yakni Liverpool dan juga Real Madrid. Selain itu, dirinya juga sempat bermain membela Manchester City. Saat ini dirinya menjadi salah satu analis di Liga Inggris.