Liga Inggris

Tak Diduga, Pep Guardiola Sebut Klub Ini sebagai Lawan Paling Berat

Minggu, 2 Agustus 2020 07:40 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Chris Brunskill/GettyImages
Tak Diduga, Pep Guardiola Sebut Klub Ini Sebagai Lawan Paling Berat Sepanjang Karirnya Menjadi Pelatih. Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Tak Diduga, Pep Guardiola Sebut Klub Ini Sebagai Lawan Paling Berat Sepanjang Karirnya Menjadi Pelatih.

INDOSPORT.COM - Memulai karier sebagai pelatih profesional sejak 2007 silam di Barcelona membuat Pep Guardiola memiliki banyak pengalaman luar biasa.

Saat masih bersama Barcelona, nama Pep Guardiola semakin naik setelah berhasil menorehkan banyak prestasi. Kemampuannya sebagai ahli stategi diasah dengan adanya laga berat melawan Real Madrid.

Kemudian saat pindah ke Bayern Munchen pada 2013 lalu, Pep Guardiola juga berhasil menyumbangkan banyak trofi khususnya Bundesliga Jerman.

Ia juga harus kembali memutar otak lebih keras lantaran Bayern Munchen memiliki rival berat yakni Borussia Dortmund di kompetisi Jerman.

Setelah hengkang dari Bayern Munchen, pelatih asal Spanyol itu kemudian berlabuh ke klub kaya raya asal Inggris, Manchester City pada 2016.

Bersama Manchester City Pep Guardiola harus menghadapi lawan-lawan kuat di Liga Inggris seperti Manchester United, Chelsea, Liverpool hingga Arsenal.

Di antara banyak klub kuat yang pernah ia hadapi, Pep Guardiola baru saja membuat pengakuan mengejutkan mengenai lawan paling berat sepanjang karirnya. Lawan tersebut yaitu Liverpool yang saat ini diasuh oleh Jurgen Klopp khususnya pada musim 2019/2020.

"Lawan terberat yang pernah saya hadapi dalam karier saya adalah Liverpool ini dari tahun lalu dan yang ini. Jika anda membiarkan tim anda didominasi, mereka akan mengunci anda di daerah itu dan anda tidak bisa melarikan diri," kata Guardiola dilansir dari DAZN.

"Mereka juga sangat cepat saat bertahan. Mereka kuat secara strategi. Mental pemainnya juga sangat kuat. Klopp adalah saingan yang membuat saya selalu berpikir tentang cara mengalahkannya," tuturnya menambahkan.

Pengakuan Pep Guardiola tersebut memang cukup mengejutkan lantaran Manchester City baru saja menghajar Liverpool dengan skor 4-0 pada pertandingan pekan ke-33.

Hanya saja saat putaran pertama Liga Inggris musim ini, Manchester City di bawah asuhan Pep Guardiola kalah dengan skor 1-3 dari Liverpool.