Liga Indonesia

Piala AFF 2020 Ditunda, Timnas Indonesia Diminta Terus Berkumpul dan Latihan

Rabu, 5 Agustus 2020 19:18 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemusatan Timnas Indonesia senior bersama pelatih Shin Tae-yong di Stadion Madya beberapa waktu lalu. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemusatan Timnas Indonesia senior bersama pelatih Shin Tae-yong di Stadion Madya beberapa waktu lalu.

INDOSPORT.COM - Ajang Piala AFF 2020 yang rencananya digelar 23 November hingga 21 Desember mendatang dipastikan ditunda karena pandemi Covid-19. Namun, mantan kapten Timnas Indonesia, Agung Setyabudi meminta skuat Timnas terus berkumpul dan menggelar latihan.

Dia memaparkan, pelatih Shin Tae-yong diyakini memiliki program jangka panjang untuk Timnas Indonesia. Untuk itu, terus melanjutkan program latihan jadi langkah tepat yang harus diambil.

"Shin Tae-yong pasti memiliki berbagai program yang telah dirancang. Itu harus dijalankan dan dimaksimalkan demi membangun Timnas yang berprestasi," kata Agung, Rabu (05/08/20).

Meski demikian, kapten Timnas Indonesia di Piala Asia 2004 itu berharap agar juru taktik asal Korea Selatan menerapkan sistem promosi degradasi. Dengan banyaknya pemain yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air, Shin Tae-yong bisa memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan komposisi yang tepat.

"Apalagi kan kompetisi juga akan bergulir lagi. Ini bisa jadi kesempatan dia untuk melihat langsung bagaimana kualitas pemain kita," tegasnya.

"Saya rasa penundaan Piala AFF tahun ini harus disikapi dengan bijak. Semua dengan keselamatan dan kesehatan dari wabah yang belum selesai," tambah mantan bintang PSIS Semarang tersebut.

Sebelumnya, federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) mengambil keputusan ini karena alasan kesehatan dan keselamatan. Keputusan tersebut diambi setelah Task Force Committee AFF beberapa kali menggelar pertemuan secara virtual.