In-depth

Jasa Gareth Bale yang Terlupakan di Real Madrid

Jumat, 7 Agustus 2020 18:33 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Soccrates/Getty Images
Situasi pelik yang menjepit Gareth Bale di klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, seakan mengubur deretan jasanya untuk klub asal ibu kota tersebut. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Situasi pelik yang menjepit Gareth Bale di klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, seakan mengubur deretan jasanya untuk klub asal ibu kota tersebut.

INDOSPORT.COM - Situasi pelik yang menjepit Gareth Bale di klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, seakan mengubur deretan jasanya untuk klub asal ibu kota tersebut. 

Gareth Bale merupakan pemain sepak bola yang mampu menyihir dunia lewat kemampuannya mengolah si kulit bundar. Dia adalah salah satu pemain tercepat di dunia sekaligus tajam mencetak gol di depan gawang.

Kehebatannya mulai tersiar luas saat memperkuat klub Tottenham Hotspur di mana ia mencatatkan 56 gol dan 58 assist. Dengan kemampuannya ini, popularitas Gareth Bale tak terbantahkan. 

Hal ini berimbas pada kepindahan ke Real Madrid dengan nilai transfer dan gaji yang sangat besar. Ia resmi menjadi milik Los Blancos pada akhir musim 2012-2013 dengan rekor transfer 65 juta euro. 

Bersama Real Madrid, Gareth Bale langsung jadi bintang besar besar di bawah asuhan Carlo Ancelotti. Ia mencatatkan total 44 penampilan dengan 22 gol di seluruh kompetisi. 

Penampilan ini berlanjut pada musim berikutnya di mana ia tampil 48 kali dengan mencetak 17 gol. Namun, setelah dua musim itu, Gareth Bale mulai tenggelam. 

Cedera engkel menjadi faktor utama yang membuat bintang Timnas Wales itu sering absen di laga-laga Man United. Ia juga kerap dibangkucadangkan saat Zinedine Zidane mengambil tampuk kepelatihan. 

Padahal, secara keseluruhan, ia memiliki banyak jasa untuk klubnya itu. Sekarang, ketika ia terpinggirkan di skuat asuhan Zinedine Zidane, orang-orang mulai melupakan jasanya. Berikut kami rangkum tiga pencapaian luar biasa Gareth Bale yang 'terlupakan' oleh Real Madrid. 

1. Catatan Impresif Keseluruhan

© Soccrates Images/GettyImages
Pemain bintang Real Madrid, Gareth Bale. Copyright: Soccrates Images/GettyImagesPemain bintang Real Madrid, Gareth Bale.

Jasa nomor satu bagi Gareth Bale tentu saja adalah kontribusinya secara keseluruhan untuk Real Madrid. Gareth Bale jelas bukan pemain biasa. 

Dengan begitu banyak banyak laga yang terlewat karena cedera dan menjadi cadangan, Gareth Bale mampu menciptakan 105 gol dan 68 assist dari 251 kesempatan tampil. 

Rasio ini menunjukkan betapa pentingnya Gareth bale bagi lini depan Real Madrid. Gareth Bale bersama Cristiano Ronaldo menjadi duo sayap mematikan Real Madrid pada masa jayanya. 

Sebanyak 105 gol dan 68 assist-nya untuk Real Madrid seakan tenggelam begitu saja dan membuat dirinya menjadi pesakitan di bawah asuhan Zinedine Zidane. 

2. Sang "Pelayan" Ronaldo

© Eurosport
Gareth Bale (kiri) dan Cristiano Ronaldo Copyright: EurosportGareth Bale (kiri) dan Cristiano Ronaldo

Tak ada yang meragukan kejayaan Cristiano Ronaldo di Real Madrid. Ia merupakan pemain terbaik yang pernah mengenakan seragam Los Blancos. 

Membantu tim merebut LaLiga, Copa del Rey, dan 3 gelar Liga Champions beruntun, tak ada yang menyamai pencapaian Ronaldo. Terutama catatan pribadinya sebagai pencetak gol terbanyak klub dengan 450 gol hanya dari 438 laga. 

Dan siapa lagi yang membantu dia mencetak gol kalau bukan Gareth Bale. Selama beberapa musim bermain, Bale mengambil andil besar dalam membantu Cristiano Ronaldo mencetak gol. 

Trisula Ronaldo, Benzema, Bale, adalah yang terbaik di Eropa pada masa jayanya. Peran Bale sangat penting bagi-bagi gol yang dicetak oleh sang megabintang, Cristiano Ronaldo, dan bahkan Karim Benzema.