Liga Indonesia

Shohei Matsunaga: Hampir Naturalisasi dan Nasibnya Kurang Beruntung di PSIS

Selasa, 11 Agustus 2020 20:48 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Herry Ibrahim
© Media PSIS
Shohei Matsunaga saat diperkenalkan oleh PSIS Semarang untuk Liga 1 2019. Copyright: © Media PSIS
Shohei Matsunaga saat diperkenalkan oleh PSIS Semarang untuk Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM Shohei Matsunaga telah resmi mengumumkan bahwa ia memutuskan untuk gantung sepatu setelah setahun lebih tidak bermain sepak bola untuk klub profesional.

Pemain berusia 31 tahun ini mengumumkan pensiun melalui akun Instagram pribadinya @matsunaga.shohei pada Senin (10/08/20) kemarin.

“Saya memutuskan untuk gantung sepatu. Saya merasakan banyak kenangan manis dan buruk. Tetapi saya sangat bahagia karena bisa bermain di Indonesia selama sembilan tahun di stadion yang selalu dipenuhi pendukung,” tulis Shohei di caption unggahan fotonya.

“Dan banyak orang yang tahu ‘Shohei Matsunaga’ sehingga kemana pun saya pergi dimintai foto. Saya sangat bahagia,” imbuhnya.

Shohei Matsunaga bisa dibilang kurang beruntung dalam mengakhiri karir di dunia sepak bola Indonesia. Padahal sebelumnya ia cukup bersinar di kancah sepak bola Tanah Air.

Pria asal Jepang ini terakhir merumput bersama PSIS Semarang pada putaran pertama Liga 1 2019. Namun menjelang putaran kedua, ia dianggap kurang berkontribusi untuk Laskar Mahesa Jenar sehingga posisinya didepak oleh manajemen klub dan digantikan oleh Jonathan Cantillana.

Pelatih PSIS saat itu, Jafri Sastra menganggap bahwa pemain yang berposisi sebagai winger ini sudah menurun kondisi fisiknya. Apalagi pada saat awal bergabung dengan Laskar Mahesa Jenar, ia harus menempuh perjalanan dari Semarang hingga Magelang untuk latihan.

Kabarnya saat itu istri Shohei Matsunaga tidak bisa tinggal di Magelang karena faktor makanan. Akhirnya setelah beberapa waktu, Shohei Matsunaga memboyong anak dan istrinya untuk tinggal di Sleman supaya jarak tempuhnya lebih dekat dari Magelang.

Bersama PSIS di paruh pertama Liga 1 2019, Shohei Matsunaga berhasil mencatatkan satu gol ke gawang Persela Lamongan dan satu assist untuk Septian David Maulana pada laga melawan Persebaya Surabaya.

Setelah itu tidak ada klub yang meminangnya hingga sekarang. Padahal sebelum bergabung di PSIS, Shohei Matsunaga sempat digadang-gadang akan menjadi salah satu pemain naturalisasi.

Manajemen PSIS juga sempat menunggu status naturalisasi Shohei Matsunaga supaya mampu menambah daftar pemain asing. Namun keinginan Shohei Matsunaga untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) hingga saat ini gagal terwujud.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%