Bola Internasional

Breaking News! Legenda Manchester City Vincent Kompany Resmi Pensiun

Senin, 17 Agustus 2020 17:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mantan kapten legendaris Manchester City, Vincent Kompany, resmi pensiun sebagai pemain sepak bola dan melanjutkan perannya secara penuh sebagai manajer Anderlecht.

Dilansir dari ESPN, pria 34 tahun itu awalnya bergabung dengan klub asal Belgia dengan memerankan pelatih-manajer pada Mei 2019. Dalam menjalankan tugasnya itu, dia bekerja sama dengan Frank Vercauteren.

Sayangnya, Kompany kini dikabarkan tidak akur dengan Vercauteren lantaran keduanya kini tidak memiliki visi yang sama di dalam mengembangkan klub masa kecilnya.

Dengan keputusannya gantung sepatu, Kompany akan mengambil tugasnya sebagai manajer secara penuh untuk membawa Anderlecht ke kejayaan di masa depan.

Anderlecht sendiri hanya mampu mencapai finis  di peringkat delapan di Liga Pro Jupiler musim lalu. Sedangkan Kompany hanya membukukan 15 penampilan liga dan mencetak satu gol. 

Pada separuh awal musim lalu, Kompany menjalani tugasnya setengah pemain dan setengah manajer, namun dia memutuskan bermain sepenuhnya setelah tim mengawali musim terburuk untuk pertama kali dalam 21 tahun.

Dia pun melepaskan tugasnya di kepelatihan dan menyerahkan tanggung jawab kepada pelatih kepala Simon Davies.

Sebelum di Anderlect, Kompany merupakan pemain yang sangat diandalkan Manchester City. Mantan bek sekaligus kapten itu bergabung dengan Citizens dari Hamburg pada 2008, dan membantu tim Liga Inggris memenangkan banyak penghargaan.

Selama 11 tahun kariernya di Etihad, dia memenangkan empat kali Liga Inggris, dua Piala FA, empat Piala Liga Inggris, dan mencapai semifinal Liga Champions pada 2016.

Selain itu, dia juga membukukan 89 penampilan untuk Timnas Belgia dan membawa mereka ke posisi ketiga di Piala Dunia 2018 di Rusia.