Liga Europa

Hasil Pertandingan Liga Europa Inter Milan vs Shakhtar Donetsk: Martinez-Lukaku Gemilang ke Final

Selasa, 18 Agustus 2020 03:50 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images
Lautaro Martinez merayakan golnya kontra Shakhtar Donetsk bersama para pemain Inter Milan di semifinal Liga Europa 2019/20, Selasa (18/08/20) dini hari WIB. Copyright: © Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images
Lautaro Martinez merayakan golnya kontra Shakhtar Donetsk bersama para pemain Inter Milan di semifinal Liga Europa 2019/20, Selasa (18/08/20) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan semifinal Liga Europa antara Inter Milan vs Shakhtar Donetsk, Selasa (18/08/20) dini hari WIB.

Inter Milan dan Shakhtar Donetsk menurunkan skuat terbaik yang dimilikinya di laga semifinal ini. Kedua tim saling sikut perebutkan satu tiket ke babak final untuk berjumpa dengan Sevilla yang lebih dulu lolos usai mengalahkan Manchester United.

Babak Pertama

Di awal pertandingan, Inter Milan dan Shakhtar Donetsk masih bermain hati-hati untuk membongkar pertahanan lawan. 10 menit pertama, Inter dan Shakhtar sama-sama imbang dalam penguasaan bola dan belum ada peluang berbahaya.

Setelah itu, Shakhtar Donetsk perlahan mulai mendominasi pertandingan. Skuat asuhan Luis Castro tersebut berhasil memainkan bola serta mengurung lini pertahanan Inter Milan.

Pertahanan Inter Milan masih terlalu tangguh, sebaliknya Nerazurri akhirnya bisa membuat gol pertama di laga ini. Pada menit ke-19, Nicolo Barella mengirimkan umpan matang ke dalam kotak penalti dari sisi kanan lapangan.

Di dalam kotak penalti, Lautaro Martinez mampu menyambar umpan dari Barella dengan sundulan terarah yang akhirnya merobek gawang Shakhtar Donetsk. Inter Milan unggul 1-0 atas wakil Ukraina tersebut.

Dalam keadaan tertinggal, Shakhtar Donetsk kembali mengurung lini pertahanan Inter Milan. Skuat asuhan Antonio Conte pun memperlihatkan pertahanan rapat. Bahkan, Nerazzurri masih bisa mengancam balik.

Barella menjadi satu pemain yang tampil menonjol di laga ini. Usai memberikan assist, ia nyaris menggandakan keunggulan Inter Milan di menit ke-33. Barella melakukan tendangan keras ke arah gawang Shakhtar, untungnya Pyatov bisa menepisnya.

Pada menit ke-43, Shakhtar Donetsk mendapatkan peluang apik untuk menyamakan kedudukan. Tapi, tendangan Marcos Antonio melambung tipis di atas gawang Handanovic. Skor 1-0 untuk keunggulan Inter Milan bertahan di babak pertama.

Babak Kedua

Usai turun minum, Shakhtar Donetsk mempercepat tempo pertandingan untuk mencetak gol. Meski begitu, mereka belum berhasil dan bahkan hampir kecolongan lagi.

Pada menit ke-47, Lautaro Martinez mendapatkan kesempatan emas menggandakan keunggulan Inter Milan usai sukses merebut bola di depan kotak terlarang Shakhtar Donetsk. Sayangnya, tendangan chip Lautaro mampu ditepis oleh kiper lawan.

Kendati kalah dalam penguasaan bola, Inter Milan menunjukkan efektivitas yang apik dalam menyerang. Tak berserang lama dari kesempatan Lautaro, kini giliran Romelu Lukaku yang mengancam gawang Shakhtar Donetsk dengan tendangan mendatar yang masih melebar tipis.

Peluang emas bagi Shakhtar Donetsk datang di menit ke-61. Saat itu, Moraes sukses melepaskan sundulan dari dalam kotak penalti. Beruntung, Samir Handanovic mampu membuat penyelamatan gemilang, sehingga gawang Inter Milan terhindar dari kebobolan.

Tak berselang lama, Inter Milan kembali mengejutkan Shakhtar dengan gol kedua. Bermula dari sepak pojok Brozovic, D'Ambrossio menggandakan keunggulan Nerazzurri di menit ke-64.

Kebobolan dua gol membuat Shakhtar Donetsk lengah. Alih-alih memperkecil ketertinggalan, gawang Shakhtar Donetsk kembali digetarkan oleh Lautaro Martinez di menit ke-74. Nerazzurri unggul telak 3-0.

Shakhtar Donetsk pun makin merana. Empat menit berselang dari gol Lautaro, kini giliran Romelu Lukaku menyumbang gol keempat untuk Inter Milan. Hal ini membuat satu kaki Nerazzurri sudah berada di final.

Meski sudah unggul empat gol, Inter Milan nyatanya tak menggendurkan serangan. Di menit ke-83, Lukaku mencetak gol kedua dengan melakukan aksi solo run yang brilian.

Inter Milan sejatinya sukses mencetak gol lagi lewat Esposito yang menggantikan Lukaku. Namun, sebelumnya ia dianggap offside sehingga golnya tidak dianggap sah. Inter Milan pun akhirnya menang 5-0 dan akan bertemu Sevilla di babak final Liga Europa.

Susunan Pemain Inter Milan vs Shakhtar Donetsk:

Inter Milan (3-5-2): Handanovic; Godin, De Vrij, Bastoni; D'Ambrossio, Barella, Brozovic, Gagliardini, Ashley Young; Lukaku, Lautaro Martinez.

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Pyatov; Dodo, Krivtsov, Khocholava, Matviyenko; Stepanenko, M.Antonio; Taison, Alan Patrick, Marlos; Moraes.