Liga Spanyol

Detik-detik Bergabungnya Ronald Koeman ke Barcelona dari Timnas Belanda

Kamis, 20 Agustus 2020 09:47 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Ronald Koeman resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar Barcelona dan meninggalkan jabatannya sebagai juru taktik Belanda. Copyright: © Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Ronald Koeman resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar Barcelona dan meninggalkan jabatannya sebagai juru taktik Belanda.

INDOSPORT.COM – Pelatih asal Belanda, Ronald Koeman meninggalkan jabatannya sebagai pelatih De Oranje untuk melatih tim yang pernah ia bela semasa masih aktif bermain, Barcelona.

Dalam perjalanannya, Koeman tercatat pernah melatih tim-tim papan atas seperti Ajax Amsterdam, Benfica, PSV Eindhoven, dan Valencia. Beragam prestasi mampu ia catatkan dengan menjuarai kompetisi domestik bersama tim-tim tersebut.

Namun bukan berarti perjalanan Koeman dalam melatih terbilang mulus. Sebelum didapuk sebagai pelatih Timnas Belanda, pria berusia 57 tahun ini pernah mencicipi kerasnya Liga Inggris bersama Everton dan Southampton.

Hasilnya? Koeman harus kesulitan dalam bersaing. Tak banyaknya bintang serta perbedaan kultur sepak bola membuat dirinya terekspos bahkan hingga menerima pemecatan kala membesut Everton.

Kendati memiliki noda dalam perjalanannya, Barcelona tetap memandang Ronald Koeman sebagai pelatih jempolan. Hal ini melihat dari sepak terjangnya saat mengasuh Timnas Belanda sejak 2018 silam.

Koeman mampu membawa Timnas Belanda menembus babak final UEFA Nations League 2019 kendati harus dibungkam oleh Portugal di partai puncak.

Kembalinya Koeman ke Barcelona mengulang memori kala dirinya ditunjuk sebagai asisten pelatih pada tahun 1998 silam. Dengan ikatannya bersama Blaugrana, Meneer asal Belanda ini diyakini akan meraih kesuksesan.

Usai menandatangani kontrak bersama Barcelona dengan ditemani Josep Maria Bartomeu, Koeman pun melakukan tur singkat di Camp Nou. Ia kembali melihat foto-foto lawas kala dirinya masih aktif bermain dan menjuara Liga Champions 1991/92 dan LaLiga Spanyol 1992/93.

Ronald Koeman pun juga sempat mampir ke ruang kerjanya nanti di Barcelona serta mampir ke bench pemain Blaugrana. Melihat dari gerak-geriknya, diyakini ia tak sabar untuk memimpin mantan timnya kembali ke kejayaan yang hilang di musim 2019/20.