Liga Spanyol

Ditunjuk Jadi Pelatih Barcelona, Ronald Koeman Ingin Rekrut Wijnaldum

Jumat, 21 Agustus 2020 10:26 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Julian Finney/Getty Images
Nama Georginio Wijnaldum masuk dalam daftar kandidat yang ingin didatangkan Ronald Koeman ke Barcelona. Copyright: © Julian Finney/Getty Images
Nama Georginio Wijnaldum masuk dalam daftar kandidat yang ingin didatangkan Ronald Koeman ke Barcelona.

INDOSPORT.COM - Legenda Barcelona, Ronald Koeman saat ini telah ditunjuk untuk menggantikan Quique Setien sebagai pelatih La Blaugrana. Rencana awal untuk memperbaiki tim ia ingin mendatangkan gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum.

Pihak Barcelona secara resmi memperkenalkan Ronald Koeman sebagai pelatih baru yang menggantikan Quique Setien. Pemecatannya itu dilandasi karena ia belum bisa menampilkan performa yang baik untuk Lionel Messi dan kawan-kawan pada musim 2019/2020 dalam semua kompetisi.

Barcelona gagal bersaing dalam kompetisi LaLiga Spanyol untuk menjadi juara yang saat ini sudah dipegang oleh rivalnya, Real Madrid. Terlebih, di bawah asuhan Setien Barcelona tidak mendapatkan satupun trofi di musim 2019/2020.

Melihat hal tersebut, akhirnya pihak klub memutuskan untuk memberhentikan Setien dari jabatannya dan menggantikannya dengan Ronald Koeman. Sebelum menjadi pelatih di Barcelona, ia ditugaskan untuk menjadi juru racik di timnas Belanda sejak tahun 2018 lalu.

Melansir dari Football Inside, salah satu permintaan transfer Koeman kepada pihak klub Barcelona adalah mendatangkan gelandang Liverpool, yakni Georginio Wijnaldum untuk bisa bermain di Camp Nou musim depan.

Masa bakti Wijnaldum sendiri di Liverpool terbilang akan selesai pada Juni 2021 mendatang. Sang pemain pun dikabarkan mulai frustasi karena tidak ada progres terkait tawaran kontrak baru dari pihak The Reds.

Tidak ada kejelasan dari pihak The Reds dalam kontrak baru tersebut akan digunakan Koeman untuk menggoda Wijnaldum agar bersedia hengkang dari Liverpool ke Barcelona pada bursa transfer musim panas ini.

Georginio Wijnaldum sendiri bergabung bersama Liverpool sejak didatangkan dari Newcastle United pada musim 2016/2017 lalu dengan harga 23 juga poundsterling atau sekitar 448 miliar rupiah. Selama bermain di Anfield Stadium, penampilannya sungguh luar biasa dan rutin menjadi starting XI.

Bersama Liverpool, pemilik 62 caps dan penyumbang 18 gol bagi timnas Belanda ini merasakan gelar Liga Inggris, Liga Champions, Piala Super Eropad dan menjadi juara di Piala Dunia Antarklub. Capaian ini juga berkat kontribusi yang diberikan Wijnaldum dalam skuad asuhan Jurgen Klopp.

Wijnaldum juga menjadi andalan di lini tengah bagi skuad asuhan Ronald Koeman di timnas Belanda. Keduanya pun dikabarkan memiliki hubungan yang erat sebagai pemain dan pelatih. Ini akan menjadi modal bagi Koeman untuk mendatangkannya ke Camp Nou musim depan.