In-depth

Jangan Ragu Berguru pada Barcelona Milik Cruyff, Ronald Koeman!

Minggu, 23 Agustus 2020 12:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Ronald Koeman tengah berada pada posisi sulit sebagai pelatih anyar Barcelona, ia pun dituntut untuk meniru gurunya terdahulu di Camp Nou, Johan Cruyff. 

Barcelona akhirnya resmi memiliki pelatih baru menyusul dipecatnya Quique Setien. Ronald Koeman ditunjuk manajemen El Barca untuk membangkitkan klub dan mengembalikan kejayaan Barca di Eropa.  

Ronald Koeman tiba di Barcelona dengan misi berat yakni membangun ulang tim yang saat ini sudah tak mampu bersaing di level tertinggi sepak bola Eropa. 

Musim 2019-2020 menjadi puncak dari pudarnya kekuatan Barcelona sebagai salah satu tim terbaik dunia. Musim lalu mereka gagal meraih satu pun trofi. Hal itu diperparah dengan kekalahan memalukan 2-8 atas Bayern Munchen di semifinal Liga Champions. 

Publik Catalan tersadar, para penggawa klub kini telah termakan usia. Revolusi pun menjadi hal yang tak terhindarkan. 

Pemain-pemain uzur seperti Jordi Alba, Sergio Busquets, Luis Suarez, Ivan Rakitic, Samuel Umititi, dan Arturo Vidal menjadi kandidat yang bakal meninggalkan Camp Nou akhir musim ini. 

Ronald Koeman bakal menghadapi situasi sulit. Mendepak pemain-pemain berlabel bintang seperti di atas bukan perkara mudah. 

© Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Ronald Koeman, manajer baru Barcelona Copyright: Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty ImagesRonald Koeman, manajer baru Barcelona

Pemain-pemain dengan skill mumpuni dan gaji besar namun berusia uzur biasanya sulit ditempatkan di pasar transfer. Padahal di sisi lain Barcelona harus cepat-cepat mencari pengganti mereka.

Hal itu pernah terjadi pada Ivan Rakitic di masa lalu. Ketika manajemen Barcelona meminta Rakitic untuk hengkang dan menyodorkan tawaran dari klub lain, namun sang pemain memilih menghormati kontrak.