Liga Indonesia

Tanpa Bachdim dan Evans, PSS Sleman Gelar Test Swab Jelang Latihan Perdana

Minggu, 23 Agustus 2020 14:01 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dok. PSS Sleman
Pemain PSS Sleman menjalani swab test jelang latihan perdana. Copyright: © Dok. PSS Sleman
Pemain PSS Sleman menjalani swab test jelang latihan perdana.

INDOSPORT.COM - PSS Sleman menggelar test swab di Stadion Maguwoharjo, Minggu (22/08/20) pagi. Test itu diikuti sekitar 50 personel mulai pemain, official, hingga pegawai kantor PT Putra Sleman Sembada (PSS).

Sejumlah pemain seperti Arthur Irawan, Fitra Ridwan, Irfan Bachdim, dan Aaron Evans absen lantaran belum tiba di Sleman. Demikian pula dengan pelatih Dejan Antonic dan asistennya Mladen Dodic Doda. Sedangkan bomber muda Saddam Emiruddin Gaffar masih bergabung dengan skuat Timnas Indonesia U-19.

Dokter PSS Elwizan Aminudin, menjelaskan test swab itu dilakukan mengingat sebagai protokol kesehatan pencegahan utama Covid-19. Test itu sebagai tindakan preventif dan kebutuhan tim sebelum latihan digelar.

"Saat ada hasil apapun dari pemeriksaan test swab nanti menjadi acuan kita. Apakah si personal nanti sehat atau tidak," kata dokter yang akrab disapa Amin itu.

Mantan dokter Timnas Indonesia U-19 itu menambahkan, nantinya setiap tim akan melakukan test swab sebanyak dua kali dalam sebulan. Langkah itu mengacu pada aturan PSSI demi mencegah penyebaran virus Corona saat Liga 1 2020 berlanjut mulai 1 Oktober mendatang.

"Jadi dua minggu sekali nanti ada test swab. Karena akan jadi patokan selama 14 hari setela hasilnya keluar. Agar semuanya safety," ujar Amin.

Dengan test swab itu, agenda latihan PSS Sleman yang direncanakan mulai Senin (24/08/20) dipastikan mundur. Hasil swab sendiri dijadwalkan keluar dua hingga tiga hari ke depan.