Liga Inggris

3 Formasi Mematikan Manchester United untuk Dominasi Liga Inggris

Senin, 24 Agustus 2020 20:02 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Alex Grimm - UEFA/UEFA via Getty Images
Demi bisa mendominasi dan menjuarai Liga Inggris 2020-2021, Ole Gunnar Solskjaer bisa menggunakan tiga formasi mematikan untuk Manchester United ini. Copyright: © Alex Grimm - UEFA/UEFA via Getty Images
Demi bisa mendominasi dan menjuarai Liga Inggris 2020-2021, Ole Gunnar Solskjaer bisa menggunakan tiga formasi mematikan untuk Manchester United ini.

INDOSPORT.COM - Target dominasi sekaligus juarai Liga Inggris 2020-2021 kini tengah dicanangkan oleh Manchester United. Demi bisa melakukannya, Ole Gunnar Solskjaer selaku pelatih sudah mengantongi tiga macam formasi mematikan.

Penampilan The Red Devils pada kompetisi kasta atas Negeri Elizabeth lalu terbilang cukup mengesankan. Pasalnya, pada awal-awal mereka cukup tertekan hingga nyaris mendapat predikat tim medioker usai tak mampu maju ke posisi atas klasemen.

Namun kenyataan justru berkata lain, MU berhasil bangkit dari keterpurukan usai pada paruh musim kedua kedatangan amunisi tambahan yakni Bruno Fernandes dan Odion Ighalo. Walau hanya dalam waktu singkat, mereka sukses meraih lebih banyak kemenangan sekaligus finis di posisi tiga klasemen Liga Inggris.

Lewat komposisi tepat, Solskjaer pun mampu membuat formasi baru 4-2-3-1 yang menjadi andalan Manchester United sebelum akhirnya musim berakhir secara keseluruhan. Melansir laman berita Manchester Evening News, susunan pemain itu nyatanya bisa berubah ke tiga tipe berbeda dengan kualitas mengesankan.

Pertama, Setan Merah nampak akan sangat cocok menggunakan formasi dengan bentuk permata yang ditujukan untuk para pemain gelandang. Pada formasi ini yang akan memiliki peran penting ialah Fred, Scott McTominay, Nemanja Matic, Paul Pogba, dan Bruno Fernandes.

Pogba pada posisi kiri, Matic dengan tugas bermain kedalam, dan Fernandes berada didepan akan membuat terbentuknya lini tengah kokoh sehingga Manchester United bisa mendominasi penguasaan bola. Kekuarangan dari formasi ini antara Mason Greenwood, Marcus Rashford, dan Anthony Martial harus duduk di bangku cadangan.

Selanjutnya ada formasi 4-3-3 yang dimaksudkan dengan mengandalkan Pogba seperti halnya Timnas Prancis yang menjuarai Piala Dunia 2018 lalu. Nantinya gelandang asal Kota Mode tersebut bersama Bruno Fernandes bakal membentuk duet playmaker, sementara Fred atau Matic berperan di bagian tengah.

Terakhir ada All out attack atau memfokuskan segalanya untuk menyerang yang notebene merupakan ciri khas dari Jose Mourinho dan Louis van Gaal. Dengan maksud menggunakan formasi 4-2-2-2 atau 4-2-4, Pogba dan Fernades punya tugas khusus sebagai penyerang untuk menambah kemungkinan terciptanya gol.

Diantara tiga formasi yang dikembangkan tersebut, peran serta Pogba dan Fernandes tergolong sangat vital, maklum kedua gelandang ini menjadi senjata andalan Solskjaer untuk meraih banyak kemenangan musim lalu. Tiga formasi  tersebut tentu bisa menjadi pilihan alternatif Manchester United yang akan segera jalani laga Liga Inggris.