Liga Indonesia

8 Musim Main di Indonesia, Oh In-kyun Akhirnya Pensiun

Senin, 24 Agustus 2020 09:07 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Playmaker asal Korea Selatan, Oh In-kyun memutuskan mundur dari skuat Arema FC dan memilih untuk pensiun dari dunia sepak bola pasca menjalani delapan musim  di kompetisi Indonesia. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Playmaker asal Korea Selatan, Oh In-kyun memutuskan mundur dari skuat Arema FC dan memilih untuk pensiun dari dunia sepak bola pasca menjalani delapan musim di kompetisi Indonesia.

INDOSPORT.COM - Playmaker asal Korea Selatan, Oh In-kyun memutuskan mundur dari skuat Arema FC dan memilih untuk pensiun dari dunia sepak bola pasca menjalani delapan musim  di kompetisi Indonesia.

"Mulai hari ini, saya ingin bicara tentang pensiun. Bukan karena saya malas (bermain sepak bola lagi) atau apa," tutur Oh In-kyun pada postingan di akun resmi Instagram pribadinya, Minggu (23/08/20).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by 오인균 (@inkyunreal85) on

Keputusan mengejutkan itu diambilnya setelah melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah dengan memikirkan masa depannya yang tidak selamanya bergantung pada dunia si kulit bundar.

"Tapi saya harus berpikir tentang second life (kehidupan kedua). Karena saya selalu bermain dengan penuh semangat dan (sepenuh) hati," sambung pemain 34 tahun tersebut.

Praktis, Arema FC menjadi klub terakhir yang dibela selama perjalanan karier sebagai pesepak bola profesional. Meski harus dipungkasi dengan nada getir, yakni adanya ketidaksepakatan perihal renegosiasi kontrak.

"Semua tim tidak akan saya lupakan. Karena saya sangat senang dan banyak pengalaman luar biasa saat ada di Indonesia," tandas dia.

Oh In-kyun menjalani debutnya saat berusia 23 tahun membela PS Bengkulu di pentas Divisi Utama musim 2010 lalu. Dia melanjutkannya bersama PSMS Medan (2011), Persela Lamongan (2012), Persegres Gresik united (2016), Mitra Kukar (2017), Persib Bandung (2018), Persipura Jayapura (2019) dan Arema FC (2020).