Bola Internasional

Sama Seperti Zidane-Ramos, Ini 3 Pelatih yang Bakal Asuh Mantan Rivalnya di Musim 2020/21

Sabtu, 29 Agustus 2020 19:29 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MICHAEL KAPPELER/DDP/AFP via Getty Images
Sama seperti Zinedine Zidane dan Sergio Ramos, ini 3 pelatih yang bakal mengasuh mantan rivalnya di musim 2020/21. Copyright: © MICHAEL KAPPELER/DDP/AFP via Getty Images
Sama seperti Zinedine Zidane dan Sergio Ramos, ini 3 pelatih yang bakal mengasuh mantan rivalnya di musim 2020/21.

INDOSPORT.COM – Musim 2020/21 nampaknya akan menjadi musim yang spesial bagi para pecinta sepak bola. Setidaknya hal ini diketahui dari rekam jejak tiap klub dalam mendatangkan beberapa pemain.

Usai dihantam badai pandemi corona, sepak bola Eropa kini mulai berbenah dan bersiap menghadapi musim baru. Untuk mengawali musim 2020/21, setiap klub pun diberikan kesempatan mendatangkan pemain yang disukai.

Tentunya setiap tim papan atas Eropa pun lantas berbondong-bondong bergerak di bursa transfer untuk mendatangkan pemain yang dibutuhkan baik dengan mengeluarkan mahar transfer atau secara cuma-cuma.

Tak hanya pemain, setiap klub juga merombak kepelatihan untuk menghadapi musim 2020/21. Sebagai contoh, Barcelona yang menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih anyar untuk menyambut musim depan.

Banyaknya pemain dan pelatih yang datang, memunculkan sebuah fenomena baru. Di mana ada kemungkinan musim 2020/21 akan diisi oleh kerjasama pemain-pelatih yang dulunya sempat menjadi rival.

Saat ini klub sepak bola Eropa tengah melakukan tren dengan menunjuk mantan pemainnya untuk menjadi pelatih. Hal ini berkaca dari kesuksesan Barcelona kala menunjuk Pep Guardiola dan Real Madrid dengan menunjuk Zinedine Zidane.

Terpilihnya para mantan pemain seperti Guardiola dan Zidane pun lantas memunculkan sebuah fenomena di mana mereka akan mengasuh rekan atau lawannya kala masih aktif bermain.

Guardiola contohnya harus melatih Xavi Hernandez yang merupakan rekannya semasa bermain, atau Zidane yang juga melatih Sergio Ramos yang dulunya lawan dan juga kawan di lapangan.

Seakan berulang, musim 2020/21 pun mengulangi fenomena tersebut. Setidaknya usai ditunjuknya pelatih atau transfer pemain yang dilakukan berbagai tim papan atas.

Berikut INDOSPORT rangkum tiga pelatih yang akan melatih mantan lawannya di lapangan untuk musim 2020/21 mendatang.

1. Frank Lampard dan Thiago Silva

Chelsea membuat gebrakan dengan memboyong Thiago Silva secara gratis. Hal ini lantaran pemain asal Brasil tersebut dilepas oleh Paris Saint-Germain usai kontraknya habis. Usai berstatus tanpa klub, ia pun memilih bergabung The Blues dengan durasi kontrak satu tahun.

Nantinya di Chelsea, Thiago Silva akan dilatih oleh Frank Lampard. Uniknya, pemain berusia 35 tahun ini akan dilatih oleh mantan rivalnya di lapangan dulu. Keduanya pernah beradu di lapangan sebagai lawan saat Lampard masih aktif bermain.

Hal tersebut terjadi pada musim 2012/13 dan 2013/14. Pada musim 2012/13, keduanya bertarung saat Inggris vs Brasil di mana keduanya menjabat sebagai kapten. Lalu setahun kemudian keduanya bertarung saat Chelsea berhadapan dengan PSG.