Bola Internasional

Hebatnya Starting XI Olympique Marseille Saat Ini bila Tak Jual Deretan Bintangnya

Sabtu, 29 Agustus 2020 19:46 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
Membayangkan betapa hebatnya starting XI Olympique Marseille saat ini bila tak melepas bintangnya. Copyright: © INDOSPORT
Membayangkan betapa hebatnya starting XI Olympique Marseille saat ini bila tak melepas bintangnya.

INDOSPORT.COM – Prancis termasuk salah satu negara yang menghasilkan pesepak bola berkualitas. Tak terhitung berapa banyak pemain yang lahir di kompetisinya dan tim-tim di negara Ayam Jantan tersebut. Salah satunya adalah Olympique Marseille.

Marseille sendiri merupakan salah satu kota di Prancis yang terletak di pesisir tenggara. Keberadaannya sebagai salah satu kota terbesar di Prancis berbanding lurus dengan kedigdayaannya di sepak bola.

Tim sepak bolanya, Olympique Marseille tercatat sebagai salah satu tim dengan basis pendukung terbesar di Prancis. Hal ini senada dengan raihan prestasi klub berjuluk l’OM tersebut di kancah domestik dan Eropa.

Sejak dibentuk pada tahun 1899 silam, Marseille telah meraih sembilan gelar Ligue 1 Prancis dan 10 gelar Piala Prancis dan tiga gelar Piala Liga Prancis.  Ini hanya untuk kancah domestik saja.

Sedangkan di Eropa, Olympique Marseille tercatat sebagai satu-satunya tim asal Prancis yang mampu meraih titel Liga Champions. Wajar jika dengan torehan ini, namanya sangat disegani.

Keberhasilan Marseille sebagai tim dengan segudang prestasi tak lepas dari kemampuannya mendatangkan atau bahkan memproduksi dan membina pemain hebat.

Tak terhitung berapa banyak pemain saja yang pernah singgah atau lahir di Stadion Velodrome. Bahkan sebagian masih aktif bermain hingga saat ini dan menahbiskannya sebagai salah satu pemain terbaik di Eropa.

Jika tidak dilepas, bukan tidak mungkin Marseille bisa menjadi tim yang paling disegani kembali di Eropa. Berikut starting XI Olympique Marseille bila tak menjual para bintangnya.

Kiper: Steve Mandanda

Saat ini, Steve Mandanda tercatat masih aktif bermain bagi Marseille. Pria berkebangsaan Prancis ini terhitung sebagai legenda tim berkat loyalitasnya sejak didatangkan dari Le Havre pada 2007 silam. Namun 2016 silam ia dilepas ke Crystal Palace sebelum diboyong kembali setahun kemudian.

Bek kanan: Cesar Azpilicueta

Cesar Azpilicueta menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah membela Marseille. Dirinya mampu tampil solid sejak didatangkan dari Spanyol. Namun pada 2012, ia dilepas ke Chelsea dan kini menahbisan diri menjadi pemain versatile dengan daya juang tinggi.

Bek Tengah: Medhi Benatia

Medhi Benatia menjadi penyesalan terbesar Marseille. Setidaknya hal tersebut tercermin dari kariernya. Ia mengawali karier bersama tim muda Marseille. Namun pada 2008 ia dilepas secara gratis. Siapa sangka ia malah mampu berkembang dan membela tim-tim papan atas seperti AS Roma, Juventus dan Bayer Munchen.

Bek Tengah: Nicolas N’Koulou

Bek asal Kamerun ini menjadi salah satu pembelian sukses Marseille di masa lampau. Mengawali karier di AS Monaco, N’Koulou didatangkan pada 2011. Lima musim berselang ia dipinang Olympique Lyon karena performanya di Ligue 1 Prancis. Kini ia membela Torino sejak 2018 silam.

Bek Kiri: Benjamin Mendy

Sama seperti Mandanda, Benjamin Mendy mengawali karier di Le Havre. Pada 2013, ia dipinang oleh Marseille. Ia mampu tampil solid yang membuat AS Monaco memboyongnya sebelum dilepas ke Manchester City dan menjadi bek kiri termahal sejagat.