Bola Internasional

Park Hang-seo Banjir Pujian dari Korea Selatan Pasca Depan Penghargaan, Shin Tae-yong Kapan?

Selasa, 1 September 2020 20:16 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Football Tribe
Park Hang-seo, banjir pujian dari Korea Selatan setelah mendapakan penghargaan dari pemerintah Vietnam karena prestasinya. Copyright: © Football Tribe
Park Hang-seo, banjir pujian dari Korea Selatan setelah mendapakan penghargaan dari pemerintah Vietnam karena prestasinya.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, baru saja dianugrahi penghargaan Order of Labour tingkat dua oleh pemerintah Vietnam.

Penghargaan itu diberikan oleh pemerintah Vietnam di markas Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) pada Kamis (27/8/2020) lalu karena prestasi yang telah ditorehkan oleh Park Hang-seo bersama tim nasional.

Masyarakat Korea Selatan yang mendengar berita tersebut ikut bangga. Menurut laporan dari thethao247, warga Korea Selatan bahkan sampai memasang spanduk di jalanan untuk memberikan ucapan selamat.

"Saya sangat sedih karena saya tidak dapat bertemu Tuan Park, saya hanya dapat mengirim ucapan selamat kepadanya. Lama tidak ada kabar baik. Saya berharap COVID-19 akan segera berakhir, dan Pak Park dapat kembali ke rumah untuk bertemu semua orang," bunyi salah satu spanduk.

Diketahui, sejak dilatih oleh Park Hang-seo, timnas Vietnam benar-benar menjelma menjadi pasukan berbahaya di Asia apalagi di wilayah ASEAN.

Pada 2018 lalu, Park Hang-seo sukses membawa tinnas Vietnam U-23 menjadi runner-up Piala Asia U-23 di China. Kemudian mereka juga lolos ke semifinal Asian Games 2018 di Indonesia.

Yang terakhir, pelatih berusia 62 tahun itu berhasil mengalahkan timnas Indonesia U-23 dengan skor 3-0 di laga final SEA Games 2019 dan membawa pulang medali emas.

Tentu prestasi dari Park Hang-seo bisa membuat pelatih baru timnas Indonesia, Shin Tae-yong termotivasi. Pelatih yang juga berasal dari Korea Selatan itu kini sedang fokus memimpin TC timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Shin Tae-yong diharapkan mampu membawa timnas Indonesia U-19 berprestasi di ajang Piala Asia U-19 2020 dan turnamen bergengsi Piala Dunia U-20 2021 mendatang.