Liga Indonesia

PSSI Tak Targetkan Kemenangan Saat Timnas U-19 Jalani Uji Coba di Kroasia

Kamis, 3 September 2020 14:52 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas U-19 saat berlatih di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas U-19 saat berlatih di Stadion Madya Senayan, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan pihaknya tidak memberi target apa pun bagi Timnas Indonesia U-19 yang akan menjalani sejumlah laga uji coba selama pemusatan latihan di Kroasia. Yang terpenting dari kegiatan tersebut adalah pemain mendapat pengalaman dan menit bermain.

Selama di Kroasia, Timnas U-19 akan mengikuti turnamen melawan Kroasia, Bulgaria dan Arab Saudi. Setelah itu, tim asuhan Shin Tae-yong melanjutkan uji coba dengan beberapa negara dan klub seperti Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb.

"Dengan adanya turnamen dan beberapa uji coba dengan tim kuat tersebut, PSSI tidak menargetkan kemenangan. Hal ini karena tujuan dari uji coba ini untuk melihat perkembangan setiap pemain dan tim tentunya," kata Iriawan.

"Karena target dan tujuan kami tentu berprestasi di Piala AFC U-19 dan Piala Dunia U-20 nantinya," imbuhnya. 

Iwan Bule (sapaan Iriawan) menjelaskan selalu memantau perkembangan pemain Timnas U-19. Ia mengapresiasi perkembangan positif para pemain yang sudah menjalani pemusatan latihan selama lima hari di Kroasia.

"Saya selalu mendapat laporan dari pelatih (Shin Tae-yong) dan Direktur Teknik (Indra Sjafri) bahwa perkembangan pemain semakin meningkat. Seperti biasa pemain timnas U-19 latihan sehari tiga kali dan kali ini pelatih fokus peningkatan fisik pemain," ujarnya.

"Kami harap pemain terus berjuang keras dan semangat dalam berlatih. Apalagi selama di Kroasia tidak ada karantina serta mendapat fasilitas bagus seperti hotel, makanan, dan tempat latihan," tutupnya.

Pemusatan latihan Timnas U-19 di Kroasia merupakan persiapan menuju Piala Asia U-19 2020 pada Oktober nanti. Pelatih Shin Tae-yong membawa 28 pemain ditambah 15 official.