Bola Internasional

Beli Klub Prancis, Bos Manchester City Kini Miliki 10 Klub di 10 Negara

Jumat, 4 September 2020 15:14 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Daily Star
Bos Manchester City, Sheikh Mansour baru-baru ini telah membeli klub divisi dua Liga Prancis, Esperance Sportive Troyes Aube Champagne (ESTAC). Copyright: © Daily Star
Bos Manchester City, Sheikh Mansour baru-baru ini telah membeli klub divisi dua Liga Prancis, Esperance Sportive Troyes Aube Champagne (ESTAC).

INDOSPORT.COM - Bos Manchester City, Sheikh Mansour baru-baru ini telah membeli klub divisi dua Liga Prancis, Esperance Sportive Troyes Aube Champagne (ESTAC). Saat ini total ada 10 klub di 10 negara yang dimiliki oleh City Football Group (CFG).

Pada Kamis (03/09/20), City Football Group pimpinan Sheikh Mansour secara resmi mengumumkan telah membeli klub Esperance Sportive Troyes Aube Champagne (ESTAC) dari pemilik sebelumnya, yakni Daniel Masoni, pengusaha dari Prancis. Pemilik Manchester City itu pun kini menguasai mayoritas saham yakni 78%.

“Kami memiliki ketertarikan pada sepak bola Prancis untuk beberapa waktu dan telah lama mengagumi ESTAC. Jadi kami sangat senang telah menyelesaikan akuisisi klub ke-10 kami dan memiliki tempat permanen di Prancis,” kata CEO  CFG, Ferran Soriano dilansir dari Reuters.

Meski saham mayoritas sudah dimiliki oleh City Football Group, Daniel Masoni masih memiliki saham minoritas dan akan masuk dalam jajaran dewan klub ESTAC.

ESTAC sendiri merupakan klub sepak bola yang didirikan sejak tahun 1986 silam. Mereka lebih terkenal dengan nama Troyes. Berbicara prestasi, ESTAC sendiri pernah merasakan trofi Piala Intertoto pada tahun 2001.

Tak hanya itu, mereka juga pernah menjadi juara Ligue 2 Prancis pada musim 2015/2016 silam. Alhasil mereka melaju menjadi tim promosi di Ligue 1. Hanya bertahan semusim, ESTAC pun harus terdegradasi kembali.

ESTAC sendiri memiliki markas di Stadion Stade de I’Aube dengan kapasitas mencapai 20.400 orang. Musim 2019/2020, mereka harus finis di urutan keempat pada ajang Ligue 2 yang terpaksa dihentikan akibat pandemi virus corona.

Dengan resmi mengakuisisi klub Esperance Sportive Troyes Aube Champagne menjadikan City Football Group sudah tercatat memiliki 10 klub yang berada di 10 negara. Ini merupakan capaian yang luar biasa bagi perusahaan tersebut.

“Ini adalah sebuah pencapaian bagi CFG dan menunjukkan bagaimana model kami terus beradaptasi serta tumbuh dalam waktu yang relatif singkat,” tambah Soriano.

Berikut 10 klub yang sudah dimiliki oleh CFG sebagai pemilik saham mayoritas:

1. Manchester City – Inggris

2. New York City – Amerika Serikat

3. Melbourne City – Australia

4. Yokohama F Marinos – Jepang

5. Montevideo City Torque – Uruguay

6. Girona – Italia

7. Sichuan Jiuniu – China

8. Mumbai City – India

9. Lomsel SK – Belgia

10. ESTAC – Prancis.