Bola Internasional

Hasil UEFA Nations League Swedia vs Prancis: Mbappe Bikin Ketar-ketir

Minggu, 6 September 2020 03:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Linnea Rheborg/Getty Images
Aksi Kylian Mbappe (kanan) di laga Swedia vs Prancis dalam pertandingan UEFA Nations League. Copyright: © Linnea Rheborg/Getty Images
Aksi Kylian Mbappe (kanan) di laga Swedia vs Prancis dalam pertandingan UEFA Nations League.

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan UEFA Nations League antara Swedia vs Prancis, yang digelar di Stadion Friends Arena, Minggu (06/09/20) dini hari WIB.

Timnas Prancis sendiri merupakan salah satu unggulan di ajang UEFA Nations League kali ini. Sebelumnya, mereka berhasil menjadi runner-up grup di gelaran tahun lalu dengan meraih tujuh poin dari empat laga.

Mereka sekarang punya pemain RB Leipzig yang tengah naik daun dan jadi incaran di bursa transfer, Dayot Upamecano, yang melakoni laga debutnya di kancah internasional. Sayangnya, ia langsung diganjar kartu kuning ketika pertandingan baru memasuki menit ke-2.

Meski Timnas Prancis diunggulkan dalam pertandingan kali ini, Swedia nyatanya bisa tampil cukup mengancam setelah pemain mereka, Mikael Lustig, mencoba membobol gawang Hugo Lloris. Namun, tendangannya masih melebar.

Emil Forsberg dan Victor Lindelof kemudian bahu-membahu untuk kembali menyerang pertahanan Prancis, tapi bola hasil kreasi mereka berhasil diselamatkan dengan mudah oleh Lloris. Tak lama berselang, permainan pun semakin memanas.

Pada babak pertama ini, Olivier Giroud dan Pontus Jansson terlibat insiden benturan kepala yang menyebabkan laga dihentikan sementara waktu. Setelah memastikan keduanya baik-baik saja, wasit pun kembali melanjutkan pertandingan.

Timnas Prancis yang dimotori oleh Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann hingga memasuki menit ke-30 tak juga kunjung menunjukkan tajinya. Dua pemain tersebut belum tampil maksimal, terlepas dari nama besar yang disandangnya.

Di sisi lain, Timnas Swedia tampil begitu solid dengan pertahanan yang sangat sulit ditembus. Jelas saja, tidak heran jika mereka berhasil mencatatkan enam clean sheet dari delapan pertandingan terakhir.

Kesempatan besar untuk membuka keunggulan di laga UEFA Nations League Swedia vs Prancis ini pun datang dari Marcus Berg pada menit ke-38. Tapi seribu sayang, Lloris masih bisa mempertahankan kesucian gawangnya dari bola pemain lawan.

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu. Kylian Mbappe yang sempat bikin was-was karena tak kunjung 'ngegas' akhirnya berhasil menemukan kembali taringnya, dengan mencetak gol pembuka untuk Timnas Prancis pada menit ke-41. Berkatnya, babak pertama ditutup dengan skor 1-0.

Babak kedua dimulai. Timnas Prancis mulai menemukan permainannya. Didier Deschamps pun boleh sedikit tersenyum setelah skuatnya sempat tampil buruk pada babak pertama. Sepertinya gol dari Kylian Mbappe membuat Les Blues bangkit dan bersemangat.

Lucas Digne mengirim umpan ke Giroud yang belum sanggup memaksimalkan peluang di lapangan. Timnas Prancis pun kembali ketar-ketir ketika Mbappe terjatuh sambil memegangi engkelnya setelah mengalami tekel dari Larsson. 

Tapi tenang saja, usai mendapat perawatan, pemain Paris Saint-Germain tersebut kembali bangkit untuk melanjutkan permainan. Ia kemudian digantikan oleh Anthony Martial pada menit ke-77.

Kiper Swedia, Robin Olsen, nyaris jantungan jelang menit-menit terakhir babak kedua lantaran gawangnya terancam pad amenit ke-80. Beruntung, bola yang menghampiri gawanya mengalami woodwork.

Memasuki menit ke-90, Lloris ternyata belum bisa berleha-leha lantaran gawangnya terancam oleh Forsberg. Jelang berakhirnya laga UEFA Nations League antara Swedia vs Prancis, Griezmann mendapat kesempatan menendang bola dari titik putih.

Sayangnya, ia belum mampu mengeksekusinya dengan maksimal sehingga skor pun masih tetap 1-0 untuk keunggulan Timnas Prancis sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan ditiup.

Line-up

Swedia: Olsen; Lustig, Jansson, Lindelof, Bengtsson; Larsson, Olsson, Ekdal, Forsberg; Quaison, Berg.

Prancis: Lloris; Kimpembe, Varane, Upamecano; Digne, Rabiot, Kante, Dubois; Griezmann; Mbappe, Giroud.