Liga Inggris

Liverpool Ditinggal Trio Firmansah, 3 Striker Tak Terduga Ini Jadi Penggantinya

Minggu, 6 September 2020 15:53 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Keberhasilan Liverpool juarai Liga Inggris 2019-2020 tak lepas dari Trio Firmansah yang berisi Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah. Berpotensi ditinggal pergi, ini tiga striker tak terduga yang layak jadi penggantinya.

The Reds pada akhirnya sukses memutus kutukan nirgelar kompetisi teratas Inggris selama 30 tahun lewat kekuatan utama trisula mematikannya. Tak cuma itu, beragam prestasi juga sukses didapatkan mereka selama beberapa tahun terakhir karena buah kerjasama tiga penyerang itu.

Sebut saja titel Liga Champions tahun lalu, Piala Dunia Antarklub, dan rekor mencengangkan unbeaten alias tak terkalahkan yang cukup panjang musim lalu. Akan tetapi Firmino, Mane, dan Salah tak bisa selamanya di Anfield karena ketiga pemain itu juga punya hak untuk mengembangkan sayapnya ke liga lain.

Hal inilah yang mendasari pemikiran dari John Barnes selaku winger legendaris klub sekaligus pundit ESPN yang punya solusi untuk menggantikan trio tersebut. Ia pun menyoroti kedatangan winger Wolverhampton Wanderers, Adama Traore dan gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara yang bakal jadi amunisi tambahan Liverpool.

"Traore dan Thiago bisa saja berperan penting bagi klub, tapi mereka tak akan mampu menggantikan tiga pemain terdepan Liverpool. Pasalnya walaupun semua pemain baru bilang: 'Kami ingin menjadi pemain utama untuk gantikan ketiganya,' itu pasti tak akan mudah terjadi," ucap Barnes dilansir Sportbible.

"Dan saya pikir Traore tak akan memiliki tempat menjanjikan di lini serang jika resmi gabung Liverpool karena tiga pemain pengganti yang layak ialah Kylian Mbappe, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo. Namun ia masih layak bermain di Anfield," tutupnya.

Meskipun Barnes punya pemikiran sendiri, kenyataannya mustahil bagi Liverpool mendapatkan ketiga penyerang alternatif tersebut. Ya, Kylian Mbappe, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo merupakan megabintang di klubnya masing-masing.

Seperti diketahui Messi yang merupakan pemain ikonik Barcelona dan Ronaldo selaku striker andalan Juventus dan akan sangat sulit didatangkan. Satu-satunya harapan ialah Mbappe yang sempat nyatakan berminat untuk bekerjasama dengan Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool.

Selain itu Liverpool terlihat sulit memboyong ketiganya sebagai pengganti Firmino, Mane, dan Salah karena dalih harga  yang tergolong tinggi. Tak heran mereka tetap mencari pemain lebih terjangkau sebagai pengganti tiga penyerang dengan kulitas lebih baik salah satunya Adama Traore yang tak diragukan lagi kehebatannya di Liga Inggris.