Liga Spanyol

5 Rekor Gila Ansu Fati di Sejarah Sepak Bola Eropa

Senin, 7 September 2020 09:24 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Xavier Bonilla/NurPhoto via Getty Images
Pada awal kariernya, Ansu Fati tercatat sudah menciptakan lima rekor fantastis di sepak bola Eropa baik bersama Barcelona maupun Timnas Spanyol. Copyright: © Xavier Bonilla/NurPhoto via Getty Images
Pada awal kariernya, Ansu Fati tercatat sudah menciptakan lima rekor fantastis di sepak bola Eropa baik bersama Barcelona maupun Timnas Spanyol.

INDOSPORT.COM - Pada awal kariernya, Ansu Fati tercatat sudah menciptakan lima rekor fantastis di sepak bola Eropa baik bersama Barcelona maupun Timnas Spanyol.

Pemain muda Timnas Spanyol, Ansu Fati, mencuri perhatian berkat penampilan gemilangnya pada usia sangat belia kala menghancurkan Ukraina 4-0 di fase grup UEFA Nations League.

Dalam laga ini, wondekrid Spanyol, Ansu Fati, menjadi pemain yang paling menyita perhatian. Sebab pemain milik Barcelona ini mampu mencetak gol di laga debutnya bersama Timnas Senior.

Gol itu menjadi sebuah rekor. Ansu Fati kini menjadi pemain Spanyol termuda yang mencetak gol di tim nasional. Pada laga melawan Ukraina, ia berusia 17 tahun 311 hari.

Ternyata itu bukanlah satu-satunya rekor yang pernah dicetak Ansu Fati di sepak bola Eropa dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Sebelumnya, pemain kelahiran Guinea-Bissau ini sudah banyak mencetak rekor lainnya baik di level klub maupun timnas. Apa saja rekor-rekor yang pernah dicetak Ansu Fati? Berikut ulasannya.

1. Pencetak Gol Termuda di Timnas Spanyol

Seperti dibahas di atas, Ansu Fati menjadi pemain termuda di Timnas Spanyol yang berhasil mencetak gol. Saat mencetak gol ke gawang Ukraina, ia berusia 17 tahun 311 hari.

Hebatnya, gol itu dicetaknya di laga debut. Pelatih Spanyol, Luis Enrique, pun memberikan kesempatan tampil baginya selama 90 menit.

Tak cuma mencetak gol, ia juga mampu membayar kepercayaan Luis Enrique selama 90 menit penuh. Penyerang sayap kiri Spanyol ini melepaskan 6 tembakan (2 on target), 2 peluang, 6 kali dribble, dan memenangkan penalti.

2. Pencetak Gol Termuda Liga Champions

Pada 2019 lalu, Ansu Fati mencatatkan rekor sensasional sebagai pemain termuda yang mencetak gol di sepanjang sejarah Liga Champions.

Gol itu dicetak Ansu Fati saat Barcelona bertandang ke markas Inter Milan, Desember 2019. Saat mencetak gol, Ansu Fati berusia 17 tahun 40 hari.

Ansu Fati mampu mengungguli sejumlah nama beken seperti Mateo Kovacic, Cesc Fabregas, dan Bojan Krkic yang masuk dalam daftar lima besar.  

3. Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Barcelona

Pada 31 Agustus 2019 lalu, Ansu Fati sukses mencetak gol profesional pertamanya untuk Barcelona kala main imbang dengan Osasuna di laga LaLiga Spanyol.

Ternyata, satu gol itu menjadi rekor bagi dirinya dan Barcelona. Ansu Fati menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Barcelona pada usia hanya 16 tahun 304 hari.