Liga Inggris

Profil Leeds United: Si Raksasa Tertidur yang Siap Gemparkan Lagi Liga Inggris

Kamis, 10 September 2020 18:46 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© GoodFon.com
Mengulik profil Leeds United, The Sleeping Giant yang siap kembali menggemparkan panggung Liga Inggris. Copyright: © GoodFon.com
Mengulik profil Leeds United, The Sleeping Giant yang siap kembali menggemparkan panggung Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Liga Inggris 2020/21 akan segera digelar. Dari 20 kontestan, semua mata akan tertuju pada Liverpool sebagai kampiun musim lalu. Namun, seluruh perhatian pecinta sepak bola Inggris pun bisa saja teralihkan dengan kembalinya Leeds United ke kompetisi teratas.

Tiga tim dari Divisi Championship 2019/20 akan melenggang ke kompetisi Liga Inggris 2020/21. Di antaranya adalah Leeds United yang berstatus kampiun, West Bromwich Albion selaku runne up dan Fulham selaku juara play off.

Dari ketiga tim tersebut, baik Fulham dan West Bromwich Albion saja yang sering bolak balik ke Liga Inggris dan Divisi Championship. Sedangkan Leeds harus menunggu 16 tahun lamanya agar bisa kembali ke kompetisi teratas.

Tentu apa yang diraih Leeds adalah suatu hal yang membanggakan. Kepastian kembali ke Liga Inggris sejak 2004 silam pun membuat pendukungnya berpesta pora dan merayakannya di sepanjang jalan kota Leeds.

Perayaan tersebut sebagai bukti bahwa The Sleeping Giant (Raksasa yang Tertidur) akan kembali meramaikan Liga Inggris. Ya, Leeds United adalah raksasa sepak bola Inggris sebelumnya, jauh sebelum hadirnya dominasi The Big Four dan The Big Six.

Kembali ke era 70-an, Leeds yang ditukangi Don Revie adalah salah satu tim paling menakutkan di Inggris. Dua gelar liga bahkan mampu diraihnya berbarengan dengan gelar  lainnya.

Tak hanya di era 70-an saja. Bahkan sebelum format anyar Liga Inggris diterapkan musim 1992/93, Leeds berhasil menggondol gelar juara di musim 1991/92 saat kompetisi masih bernama First Division. Alhasil, status tim besar tersemat pada klub berjuluk The Whites ini.

Namun kesalahan transfer Leeds pada tahun 2000 an membuat tim yang bermarkas di Elland Road ini mulai terpuruk. Pembelian besar-besaran bermodalkan hutang Bank akibat belanja pemain membuat The Whites kelimpungan yang berujung degradasi di tahun 2004 silam.

Kini usai kembali ke Liga Inggris setelah 16 tahun lamanya, Leeds United berhasrat ingin bertahan dan mengembalikan statusnya sebagai tim papan atas dan tak hanya menjadi tim numpang lewat seperti keinginan sang pemilik, Andrea Radrizzani.

“Saya harap kami bisa bertahan di Liga Inggris dalam dua tahun ke depan dan kemudian memangkas jarak dengan tim besar lainnya. Di tahun ketiga atau kelima, tujuan kami adalah berada di top 6,” ujar Radrizzani.

Akankah The Whites mampu memenuhi ambisi dari sang pemilik setidaknya untuk musim 2020/21? Berikut profil Leeds United, The Sleeping Giant yang siap menghentak Liga Inggris.

Pemain (per 10 September 2020):

Kiper:                                                                                                                 

Illan Meslier
Kiko Casilla
Elia Caprile

Bek:

Robin Koch
Liam Cooper
Pascal Struijk
Ezgjan Alioski
Stuart Dallas
Barry Douglas
Leif Davis
Luke Ayling

Gelandang:

Kalvin Phillips
Ouasim Bouy
Adam Foshaw
Mateusz Klich
Jamie Shackleton
Mateusz Bogusz
Pablo Hernandez

Penyerang:

Jack Harrison
Helder Costa
Ian Poveda
Jordan Stevens
Rodrigo Moreno
Patrick Bamford
Tyler Roberts

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%