Liga Inggris

Penuh Drama, 5 Kepergian Pemain yang Mungkin Disesali Liverpool

Selasa, 15 September 2020 19:47 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Laurence Griffiths/Getty Images
Juara Liga Inggris 2019-2020, Liverpool, seperti kebanyakan klub sepak bola lainnya, pasti pernah merasakan kehilangan sejumlah pemain berharga. Copyright: © Laurence Griffiths/Getty Images
Juara Liga Inggris 2019-2020, Liverpool, seperti kebanyakan klub sepak bola lainnya, pasti pernah merasakan kehilangan sejumlah pemain berharga.

INDOSPORT.COM - Juara Liga Inggris 2019-2020, Liverpool, seperti kebanyakan klub sepak bola lainnya, pasti pernah merasakan kehilangan sejumlah pemain berharga.

Kalimat bijak yang kurang lebih berbunyi ‘No player is bigger than the club’ memang benar adanya. Setiap klub pasti kedatangan dan kehilangan pemain silih berganti dan hal tersebut harus diterima dengan lapang dada oleh para suporter.

Liverpool sendiri dikenal memiliki hubungan batin yang sangat kuat dengan para penggemarnya. Oleh sebab itu, tidak heran jika terkadang kebijakan-kebijakan mereka melepas pemain kesayangan membuat hati para Kopites hancur berkeping-keping.

Tentu masih ingat bagaimana publik Anfield mengelu-elukan Fernando Torres yang saat itu baru datang dari Atletico Madrid. Tidak butuh waktu lama bagi El Nino untuk menjadi idola di mata suporter setia The Reds.

Meski demikian, kisah Torres bersama Liverpool harus ditutup dengan tragis dan tidak berakhir bahagia. Kepindahannya ke Chelsea pada tahun 2011 berujung caci maki, kenangan pahit, dan sakit hati, bahkan mungkin hingga saat ini.

Usai membelot ke rival Liverpool di Liga Inggris tersebut, Torres memang berhasil memenangkan trofi, namun ia justru kehilangan kecemerlangan kariernya. Sempat dipinjamkan ke AC Milan, ia akhirnya kembali ke Atletico Madrid pada tahun 2016.

Namun kisah Fernando Torres ini hanya satu dari sekian peristiwa yang mewarnai daftar keluar-masuk pemain The Reds dari masa ke masa.

Ketika seorang pemain pergi, ia hanya punya dua masa depan, yakni sukses atau gagal di klub barunya. El Nino mungkin kehilangan pamornya setelah pergi dari Liverpool, namun tidak sedikit pula yang justru berjaya di habitat barunya.

Tentu saja, hal tersebut dapat dipengaruhi berbagai macam faktor, baik teknis maupun nonteknis. Namun untungnya, Liverpool adalah salah satu klub yang terlihat cukup ramah terhadap para mantannya.

Walaupun sudah tidak berseragam The Reds lagi, para pemain itu masih diberi kesempatan bermain dan bereuni di Anfield untuk pertandingan-pertandingan amal atau persahabatan. Hanya saja, waktu memang tidak dapat diputar kembali.

Mereka yang sudah pergi harus direlakan, meski meninggalkan luka dalam sekali pun. Nah, dilansir dari Sportskeeda, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT sajikan empat kepergian pemain lainnya yang mungkin disesali Liverpool.

Kepergian mereka mungkin tidak melulu mejadi berkah bagi pemain yang bersangkutan, namun yang jelas, hengkangnya nama-nama ini telah membuat Liverpool kehilangan talenta-talenta terbaik yang pernah ada.