Bola Internasional

5 Sensasi Amerika yang Meriahkan Sepak Bola Eropa Musim Ini

Kamis, 17 September 2020 22:07 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Darren Walsh/Chelsea FC via Getty Images
Christian Pulisic, salah satu pemain Amerika yang merumput di Eropa, yakni bersama Chelsea. Copyright: © Darren Walsh/Chelsea FC via Getty Images
Christian Pulisic, salah satu pemain Amerika yang merumput di Eropa, yakni bersama Chelsea.

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain Amerika Serikat yang memeriahkan kancah sepak bola Eropa untuk musim 2020-2021.

Jika membahas sepak bola, Amerika mungkin tidak setenar Eropa yang memiliki banyak kompetisi elite seperti Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Prancis, dan Liga Italia. Namun Negeri Paman Sam juga punya Major League Soccer (MLS).

Sebelum membahas para bintang asal Amerika yang merumput di Eropa musim ini, mari sedikit mengingat rentetan pemain yang pernah mencicipi panggung MLS.

Nama-nama seperti David Beckham, Steven Gerrard, dan Robbie Keane mungkin hanya segelintir saja, lalu masih ada Zlatan Ibrahimovic dan Wayne Rooney.

Saking banyaknya, tidak jarang orang-orang menyebut MLS tempat pelampiasan atau penampungan mereka yang sudah bosan bermain di liga top Benua Biru. Namun di sisi lain, Amerika juga punya para pemain hebat yang gantian ‘diekspor’ ke Eropa.

Christian Pulisic

Salah satunya adalah Christian Pulisic yang kini bermain untuk klub Liga Inggris, Chelsea. Ia mungkin pemain Amerika yang paling dikenal publik dunia lantaran pernah bermain untuk Borussia Dortmund.

Berseragam Die Borussen, Pulisic mengalami masa-masa cemerlang dalam karier sepak bolanya dan bahkan hanya butuh 15 laga di tim junior untuk dipromosikan ke skuat utama. Saat pertama datang, usianya masih 16 tahun.

Musim 2015-2016 adalah masa terbaiknya berseragam klub Bundesliga tersebut dengan memecahkan sejumlah rekor. Saat berusia 17 tahun 212 hari, ia jadi pemain non-Jerman termuda yang berhasil mencetak gol di liga.

Namanya yang mulai naik daun pun membuat Chelsea kepincut mendatangkannya pada bursa transfer Januari 2019. Namun setelah itu, ia dipinjamkan ke Borussia Dortmund hingga akhir musim 2018-2019.

Sempat didera cedera, kini Christian Pulisic siap memulai kembali petualangannya bersama Chelsea di ajang Liga Inggris musim ini, terlebih lagi setelah ia mewarisi nomor punggung 10 yang baru saja ditinggalkan Willian.

Ia bisa jadi partner yang brilian untuk rekrutan anyar The Blues yakini Timo Werner dan Kai Havertz. Namun formasi 4-3-3 penuh bintang di skuat Frank Lampard akan jadi tantangan besar untuk Pulisic jika ingin mempertahankan posisinya sebagai pilihan utama.

Selain Christian Pulisic, dilansir dari laman ussoccerplayer, berikut sejumlah pemain asal Amerika yang tampil di kompetisi sepak bola Eropa musim ini.