Liga Italia

Bukti Awal Andrea Pirlo Layak Jadi Pelatih Juventus

Kamis, 17 September 2020 22:15 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter @@juventusfc
Andrea Pirlo punya bukti luar bisa sebagai pelatih hebat Juventus jelang Serie A Liga Italia. Copyright: © Twitter @@juventusfc
Andrea Pirlo punya bukti luar bisa sebagai pelatih hebat Juventus jelang Serie A Liga Italia.

INDOSPORT.COM - Jelang melakoni laga Serie A Liga Italia, sosok Andrea Pirlo sebagai pelatih pengganti Maurizio Sarri diragukan membawa hasil memuaskan. Akan tetapi nyatanya ia punya bukti luar biasa akan bisa unjuk gigi maksimal.

Kala ditukangi Sarri, Si Nyonya Tua bisa saja memperpanjang torehan Scudetto-nya untuk kali kesembilan. Akan tetapi mereka tak bisa menutupi berbagai hasil mengecewakan berupa hasil tak konsisten dan kegagalan menyedihkan di Liga Champions.

Pencapaian dari pelatih yang terkenal karena taktik Sarri-Ball itu pun terbilang jauh lebih buruk ketimbang Massimiliano Allegri. Dipecat usai gagal di pentas Eropa, Andrea Pirlo yang sempat jadi pelatih Juventus U-23 pun dipercaya mengemban tugas pelatih senior.

Berbagai keraguan pun muncul, pasalnya playmaker legendaris ini tak punya pengalaman memadai di kancah Serie A Liga Italia dan justru baru berhasil mendapat lisensi kepelatihan UEFA. Akan tetapi kemungkinan justru berkata lain, Pirlo punya modal untuk membuat kejutan di Juventus usai miliki nilai ujian akhir nyaris sempurna.

Melansir laman berita Sport Bible, saat menyelesaikan thesis bertajuk 'My Football,' Pirlo mendapat skor 107 dari 110 pada ujian akhir demi mendapat izin kepelatihan tim utamanya. Setidaknya hanya mantan rekan setimnas Italia, Thiago Motta yang mampu melebihi pencapaian pelatih anyar Bianconeri ini dengan skor 108.

Langkah dari Juventus menunjuk Pirlo sebagai pelatih utama sendiri tak jauh berbeda dengan apa yang terjadi dengan Barcelona dan Real Madrid. Ya, dua klub itu menggunakan jasa pelatih berdasarkan pengalaman sebagai mantan pemain yang punya tingkat kesuksesan tinggi.

Sebelumnya Barcelona pernah ditukangi oleh Pep Guardiola dan hasilnya predikat treble winners berhasil mereka dapatkan dalam waktu instan. Begitupun dengan Real Madrid yang menunjuk pelatih tim junior, Zinedine Zidane, hingga sukses meraih hasil membanggakan di tingkat domestik dan Eropa.

Merasa peruntungan mereka serupa, Juventus pun mempercayakan posisi pelatih kepala kepada Andrea Pirlo yang sempat empat tahun jadi pemain disana. Salah satu pembuktiannya yang cukup mendukung ialah ketika membantu Le Zebre menang telak 5-0 atas Novara di laga pramusim Serie A Liga Italia, Minggu (13/09/20).