Bola Internasional

Mengenal Teknik Penalti Hop: Diperkenalkan Jorginho, Dipopulerkan Bruno Fernandes

Kamis, 17 September 2020 19:33 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas
© Matthew Peters/Manchester United via Getty Images
Mengenal teknik penalti Hop, teknik yang diperkenalkan Jorginho dan dipopulerkan Bruno Fernandes. Copyright: © Matthew Peters/Manchester United via Getty Images
Mengenal teknik penalti Hop, teknik yang diperkenalkan Jorginho dan dipopulerkan Bruno Fernandes.

INDOSPORT.COM – Banyak teknik penalti yang tercipta di jagat sepak bola. Namun di 2020 ini, sebuah teknik penalti banyak diperbincangkan saat Jorginho dan Bruno Fernandes menjadi eksekutor bagi timnya.

Jorginho dan Bruno Fernandes merupakan eksekutor bagi Chelsea dan Manchester United. Catatan keduanya lewat titik putih pun terbilang impresif jika dibandingkan dengan eksekutor penalti lainnya.

Jorginho yang telah didapuk menjadi sebagai eksekutor penalti sejak masih di Hellas Verona, telah mencatatkan kesuksesan penalti sebanyak 21 kali dari 22 kesempatan yang ia dapatkan (terlepas dari drama adu penalti).

Sedangkan Bruno Fernandes yang telah menjadi algojo penalti sejak dari Udinese telah mencatatkan kesuksesan penalty sebanyak 26 kali dari 28 kesempatan yang ia dapatkan hingga artikel ini dimuat.

Baik Jorginho dan Bruno Fernandes sama-sama memiliki teknik penalti serupa, yakni teknik Hop. Teknik keduanya pun banyak diperdebatkan tentang siapa yang pertama kali menggunakannya, dan siapa yang meniru teknik ini.

Jika dirunut dari sejarah keduanya, Jorginho menjadi algojo pertama kali pada musim 2013/14 saat membela Hellas Verona. Namun teknik penalti Hop baru ia lakukan pertama kali pada 2017 silam saat Napoli mengandaskan Nice (terlepas dari drama adu penalti).

Sedangkan Bruno Fernandes, memulai kariernya sebagai algojo pada musim 2015/16 saat membela Udinese. Namun teknik penalti Hop yang ia lakukan terinspirasi saat berseragam Sampdoria pada 2016/17 dan baru ia lakukan di Portugal bersama Sporting Lisbon usai hijrah pada 2017/18.

“Inspirasiku dari pelatih, seperti pelatih ketiga di Sampdoria, karena saya mulai menendang penalti di Udinese dan saya menjadi algojo di timnas Portugal U-21,” ujar Bruno dilansir dari Metro Sports.

Perbedaan mencolok dari karakter dua eksekutor mematikan ini adalah Bruno Fernandes terkadang berganti-ganti teknik dalam mengeksekusi penalti (terlihat saat di Liga Europa vs FC Copenhagen). Sedangkan Jorginho sedari awal memperkenalkan teknik ini, terus konsisten melakukan teknik tersebut hingga saat ini.

Dapat disimpulkan, bahwa teknik Hop ini merupakan teknik orisinil dari Jorginho sendiri. Tak pelak, selanjutnya teknik penalti ini disebut ‘Jorginho Hop’ yang bermula dari satu lompatan kecil untuk memperdaya dan membaca gerakan kiper.

Lalu, seperti apa teknik penalti Hop ala Jorginho tersebut? Apa yang jadi kunci keberhasilan dari teknik ini? Berikut ulasan INDOSPORT yang dirangkum seperti yang di bawah ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%