Liga Inggris

Bukan David Moyes, Inilah 3 Nama Suksesor Asli Sir Alex Ferguson

Sabtu, 19 September 2020 19:52 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Ash Donelon/Manchester United via Getty Images
Sir Alex Ferguson menggunakan masker dengan cara yang salah di laga Manchester United vs Southampton Copyright: © Ash Donelon/Manchester United via Getty Images
Sir Alex Ferguson menggunakan masker dengan cara yang salah di laga Manchester United vs Southampton

INDOSPORT.COM – Pemilik Celtic, Dermot Desmond menyebut bahwa Sir Alex Ferguson menunjuk tiga nama pelatih yang akan menjadi suksesornya di mana nama David Moyes tidak ada di dalamnya.

Pada 2013 silam, jagat sepak bola kehilangan salah satu sosok besar di pinggir lapangan. Dia adalah Sir Alex yang memutuskan pensiun dari jagat sepak bola usai 27 tahun menangangi Man United. Nama besarnya sendiri didapatkan dari sederet gelar.

13 gelar Liga Inggris, dua gelar Liga Champions dan sederet gelar prestisius lainnya mampu ia hantarkan untuk Man United. Namanya pun membekas tak hanya di kalangan fans Setan Merah, melainkan juga dunia sepak bola.

Usai memutuskan pensiun, ia pun digantikan David Moyes yang merupakan kompatriotnya. Sayang, mantan pelatih Everton tersebut malah terbilang gagal di musim perdananya melatih Man United.

Usut punya usut, David Moyes ternyata bukanlah suksesor pilihan utama Sir Alex Ferguson. Hal ini seperti yang dikemukakan pemilik Celtic, Dermot Desmond yang menyebut pria asal Skotlandia ini mempunyai tiga nama sebagai suksesornya.

Tiga nama tersebut adalah David O’Leary, Alan Curbishley dan Martin O’Neill. Pemilik Celtic ini mengetahuinya pada tahun 2000 di mana tiga tahun sebelumnya ia mencoba membawa Sir Alex ke Skotlandia.

“Di tahun 2000, saya kembali dan bertanya kepadanya (Sir Alex) jika dia memilih penggantinya, siapa yang akan ia pilih. Dia mengatakan tiga nama: David O’Leary, Alan Curbishley dan Martin O’Neill,” kenang Desmond.

“Saya pun memilih Martin O’Neill selanjutnya (usai Sir Alex menolak melatih Celtic),” pungkasnya.

Di tangan O’Neill, Celtic pun meraih kesuksesan dengan menjuarai tiga gelar Liga Skotlandia dan menjadi salah satu pelatih tersukses sepanjang sejarah klub hingga saat ini.

Kini Sir Alex Ferguson pun menikmati masa pensiunnya di rumah dan hanya menikmati pertandingan dari layar kaca. Sedangkan David Moyes, usai dipecat Manchester United, ia melanglang buana ke berbagai tim sebelum berlabuh ke West Ham United hingga saat ini.