Bola Internasional

Kebangkitan Borussia Dortmund Bersama 4 Wonderkid Kelahiran Inggris

Minggu, 20 September 2020 17:52 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas
© Bundesliga
4 Pemain muda kelahiran Inggris menjadi pionir utama evolusi Borussia Dortmund yang mencoba bangkit dan merajai Bundesliga Jerman. Copyright: © Bundesliga
4 Pemain muda kelahiran Inggris menjadi pionir utama evolusi Borussia Dortmund yang mencoba bangkit dan merajai Bundesliga Jerman.

INDOSPORT.COM – Borussia Dortmund mengawali kampanyenya di Bundesliga Jerman 2020/21 dengan menumbangkan Borussia Monchengladbach dengan skor 3-0. Tiga gol yang dicetak berasa dari kontribusi empat pemain kelahiran Inggris yang jadi tombak Die Borussen musim ini.

Berbicara soal Dortmund, pecinta sepak bola pasti sepakat dengan tim yang andal dalam memproduksi talenta muda. Tak terhitung berapa banyak talenta muda di liga top Eropa yang lahir dari Signal Iduna Park.

Selain andal dalam memproduksi talenta muda, Dortmund juga terbilang cerdas dalam menganalisa pemain dari berbagai penjuru dunia. Tak perlu jauh-jauh, siapa sangka pemain asal Amerika Serikat sekelas Christian Pulisic bisa moncer di Eropa kalau bukan karena Die Borussen.

Selain nama Pulisic, ada pula nama-nama lain seperti Robert Lewandowski, Mario Gotze, dan Pierre-Emerick Aubameyang yang mampu diolah menjadi pemain jempolan hingga saat ini.

Kehebatan Borussia Dortmund ini nampaknya tak terhenti. Sebab di musim 2020/21, Dortmund kembali mengandalkan para pemain muda kembali untuk bangkit dari monopoli Bayern Munchen di Bundesliga Jerman.

Dortmund terakhir merasakan gelar juara Bundesliga delapan tahun silam yakni pada musim 2011/12. Saat itu, Die Borussen mengandalkan Jurgen Klopp sebagai pelatih dan para pemain seperti Robert Lewandowski, Mario Gotze, Matt Hummels dan Ivan Perisic.

Setelahnya, skuat Dortmund mulai rontok. Para penggawanya di musim itu satu per satu meninggalkan Signal Iduna Park. Kepergian penggawanya membuat Die Borussen perlahan mengalami kemunduran.

Butuh lima tahun lamanya untuk Dortmund kembali mengangkat gelar. Itupun gelar domestik berupa DFB Pokal yang didapat pada musim 2016/17. Namun gelar tersebut tak mampu mengembalikan kebangkitan Die Borussen dari tirani Bayern Munchen di kompetisi lokal.

Musim 2020/21 nampaknya akan menjadi penanda bahwa Borussia Dortmund siap menghancurkan monopoli Bayern Munchen kembali. Kendati Die Roten terbilang kuat saat ini, namun Die Borussen punya senjata andalan yakni empat pemuda kelahiran Inggris.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%