In-depth

Pantas Cicipi Gelar Liga Inggris, Saatnya Song Heung-min Tinggalkan Tottenham?

Selasa, 22 September 2020 17:24 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Justin Tallis/PA Images via Getty Images
Tak kunjung mendapat gelar juara liga atau trofi walau jadi pemain Asia terbaik di Liga Primer Inggris, apakah ini saatnya Son Heung-min tinggalkan Tottenham. Copyright: © Justin Tallis/PA Images via Getty Images
Tak kunjung mendapat gelar juara liga atau trofi walau jadi pemain Asia terbaik di Liga Primer Inggris, apakah ini saatnya Son Heung-min tinggalkan Tottenham.

INDOSPORT.COM - Tak kunjung mendapat gelar juara liga atau pun trofi meski jadi pemain terbaik Asia di Liga Primer Inggris, apakah ini saatnya Son Heung-min tinggalkan Tottenham Hotspur.

Tottenham Hotspur tampil menggila di laga pekan kedua Liga Inggris saat bertandang ke markas Southampton di Stadion St. Mary, Minggu (20/09/20).

Setelah dipermalukan Everton di pekan perdana, Spurs menang menghajar Soton dengan skor 2-5. Son Heung-min menjadi pahlawan pada laga ini dengan gol-golnya.

Tak tanggung-tanggung, bintang asal Korea Selatan itu mencetak empat gol sekaligus alias quatrick. Penampilan Son itu membuatnya menjadi pemain ke-27 yang mencetak quatrick di Liga Primer Inggris.

Son Heung-min sekali lagi membuktikan bahwa dirinya merupakan sosok penting bagi Tottenham Hotspur. Sejak didatangkan dari Bayer Leverkusen pada 2015, Son Heung-min mencatatkan 232 penampilan dengan kontribusi 89 gol dan 47 assist.

Jika Ditotal sejak kariernya di tim-tim Bundesliga, ia telah mencatatkan 397 penampilan dengan 138 gol dan 61 assist. Sebuah torehan luar biasa bagi pemain Asia yang berkarier di Eropa.

Son Heung-min bahkan mencatatkan diri sebagai pemain Asia dengan torehan gol terbanyak di Liga Primer Inggris. Meski memiliki statistik mentereng, ada satu kekurangan besar yang membuat Son Heung-min tak masuk daftar buku sejarah.

Son boleh menjadi pemain Asia dengan torehan gol terbanyak di Liga Primer, namun soal trofi Liga Inggris, pemilik 89 caps di Timnas Korea Selatan itu masih nol. Bahkan, Son 'kalah' dari anak baru Liverpool.

Saat ini, tercatat hanya ada empat pemain Asia yang pernah merasakan gelar juara Liga Inggris. Mereka adalah Park Ji-sung (Man United), Shinji Kagawa (Man United), Shinji Okazaki (Leicester City), dan Takumi Minamino (Liverpool).

Tak ada nama Son Heung-min di situ. Jika ditanya mengapa, mungkin jawabannya cukup jelas, yakni klub tempat Son bernaung, Tottenham Hotspur, belum cukup kuat untuk menandingi dominasi Liverpool, City, atau Chelsea.

Lantas, apakah Son Heung-min yang kini menginjak usia 28 tahun harus pergi dari Spurs untuk bisa merasakan gelar juara Liga Inggris sepanjang kariernya?