In-depth

Ketika Real Madrid Menjadi Penjara Pemain Bintang

Rabu, 23 September 2020 18:53 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© pixelstalk
Terdepaknya Gareth Bale dan James Rodriguez dari Real Madrid menunjukkan bahwa Los Blancos merupakan klub yang bisa menjadi penjara pemain bintang. Copyright: © pixelstalk
Terdepaknya Gareth Bale dan James Rodriguez dari Real Madrid menunjukkan bahwa Los Blancos merupakan klub yang bisa menjadi penjara pemain bintang.

INDOSPORT.COM - Terdepaknya Gareth Bale dan James Rodriguez dari Real Madrid menunjukkan bahwa Los Blancos merupakan klub yang bisa menjadi penjara pemain bintang.

Gareth Bale akhirnya berhasil meninggalkan Real Madrid pada bursa transfer musim panas ini. Setelah lama dikabarkan bakal hengkang, bintang asal Wales tersebut resmi meninggalkan Los Blancos untuk kembali ke klub lamanya di Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

Kepergian Gareth Bale ini seakan menjadi sebuah hal yang baik bagi sang pemain. Sebab, dalam beberapa musim terakhir di Santiago Bernabeu, Bale tampil terpinggirkan, terutama semenjak kehadiran Zidane.

Tak cuma Bale, pada bursa transfer musim ini, Real Madrid juga akhirnya melepaskan bintang terbuangnya, James Rodriguez. Rodriguez akhirnya resmi dijual permanen ke klub Liga Inggris lainnya, Everton, setelah terkatung-katung di klub.

Kepergian dua mantan bintang El Real berharga mahal ini pun seakan membuat Real Madrid terlihat seperti penjara pemain bintang. Anggapan ini memang tak berlebihan.

Kasus Gareth Bale dan James Rodriguez saja sudah bisa dijadikan contoh. Selama tiga musim terakhir, Gareth Bale terpinggirkan di skuad Real Madrid.

Meski menjadi memiliki skill tinggi dan berulangkali menjadi pahlawan, Zinedine Zidane masih juga enggan membuatnya sebagai penyerang reguler di tim Los Blancos. Akhirnya, Bale pun sering menghuni bangku cadangan.

Yang jadi masalah, Bale memiliki nilai transfer dan gaji yang sangat besar. Akhirnya, klub-klub lain enggan mendatangkannya. Jadilah Bale 'terpenjara' di Real Madrid, bedanya ia duduk dibangkucadangan dengan dibayar mahal.

Beruntung, pada 2020 ini Tottenham Hotspur mau merekrutnya. Real Madrid juga terpaksa membantu membayar gaji Bale untuk 'melepasnya dari penjara'.

Selain Bale, ada pula pemain bernasib sama di Real Madrid, yakni James Rodriguez. Sama-sama didatangkan dengan harga mahal, namun James cuma jadi penghangat bangku cadangan dan dipinjamkan ke klub lain.

Benar bahwa badai cedera memang menjadi salah satu alasan utama kariernya mandek di Madrid. Namun, saat dirinya fit pun ia dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Saat kembali, Rodriguez kalah saing dengan Tonni Kross, Cristiano Ronaldo, Casemiro, Marco Asensio, Mateo Kovacic, dan tentu saja Isco. Jadilah ia 'terpenjara' di Santiago Bernabeu.