Liga Indonesia

Respons PSSI Terhadap Keinginan Bek Fiorentina Bela Timnas Indonesia

Rabu, 23 September 2020 11:53 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Gabriele Maltinti/Getty Images
Pemain keturunan Indonesia yang milik Fiorentina Kevin Diks Bakarbessy. Copyright: © Gabriele Maltinti/Getty Images
Pemain keturunan Indonesia yang milik Fiorentina Kevin Diks Bakarbessy.

INDOSPORT.COM - Federasi sepak Bola Indonesia, PSSI menyatakan telah mencari informasi mengenai pemain keturunan Belanda-Indonesia, Kevin Diks yang ingin membela Timnas Indonesia. Sayangnya, PSSI mengkonfirmasi jika bek Fiorentina itu tak bisa dipanggil sementara waktu.

PSSI memang tengah mencari pemain keturunan, namun dengan usia di bawah 20 tahun untuk proyeksi Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Sedangkan Kevin Diks telah berusia 23 tahun saat ini.

''Usia yang tidak mungkin kami masukkan ke dalam skuad timnas Indonesia di Piala Dunia 2021. Karena kami mencari pemain yang masih berumur 18 dan 19 tahun,'' kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilis PSSI.

Menurut penelusuran PSSI, Kevin Diks ternyata pernah bermain untuk timnas Belanda saat berumur 21 tahun, sehingga hal itu makin menyulitkan untuk membela Timnas Indonesia.

Pasal 5 Ayat 2 statuta FIFA menyebutkan, seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi FIFA tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Dalam statuta FIFA tentang status pemain yang berganti asosiasi,  disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga dia diperkenankan membela negara lain dalam pertandingan internasional.

Itu pun ada syarat yang harus dipenuhi seperti pemain tersebut tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya, termasuk hanya sebagai pengganti. 

Apabila pemain itu pernah bermain untuk negara lain, maka tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya.

''Ini yang pernah dialami Ezra Walian sehingga gagal melakoni pertandingan-pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2020. Ezra tidak bisa memperkuat Indonesia karena dia pernah bermain di timnas Belanda di level yunior pada kompetisi resmi UEFA,'' imbuh Yunus Nusi.

Ezra Walian tercatat pernah membela timnas U-17 Belanda pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa U-17 2014. Berdasarkan data situs web Transfermarkt, pemain kelahiran 22 Oktober 1997 itu telah bermain dua kali. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
80%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
20%