Liga Spanyol

Tak Perlu Susah Payah, Real Madrid Bisa Untung Berkat Pemain Ini

Rabu, 23 September 2020 08:47 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Goal
Tak Perlu Susah Payah, Real Madrid Bisa Untung Berkat Pemain Ini Copyright: © Goal
Tak Perlu Susah Payah, Real Madrid Bisa Untung Berkat Pemain Ini

INDOSPORT.COM - Klub raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid saat ini tidak perlu susah payah karena mereka telah diuntungkan oleh mantan pemainnya, yakni Diego Llorente. Keuntungan yang didapatkan oleh Los Blancos ini mencapai 4 juta euro atau setara dengan 69 miliar rupiah.

Diego Llorente saat ini berusia 27 tahun dan menembus skuad inti Real Madrid pada tahun 2013 silam. Akan tetapi dirinya tidak pernah mampu mencatatkan torehan yang signifikan dan hanya dimainkan sebanyak dua kali pada Kompetisi LaLiga Spanyol.

Sebagian besar waktunya dihabiskan sebagai pemain pinjaman bersama Rayo Vallecano dan Malaga. Pada akhirnya, Llorente meninggalkan Santiago Bernabeu secara permanen untuk bergabung dengan Real Sociedad.

Sociedad menebusnya dengan harga enam juta euro pada saat itu. Namun, dalam kesepakatannya, terdapat klausul yang mengatakan bahwa Real Madrid berhak mendapatkan persentase dari hasil penjualannya di masa mendatang.

Tiga tahun berselang, Real Sociedad nampaknya akan melepas Diego Llorente. Pemain yang berposisi sebagai bek sentral tersebut sedang diminati oleh klub promosi Liga Inggris, yakni Leeds United.

Dilansir dari portal berita Managing Madrid, Real Sociedad telah sepakat melepas Llorente ke Leeds United seharga 20 juta euro. Kalau transfer tersebut benar-benar terjadi, maka Los Blancos berhak mendapatkan persenan sebesar 20 persen alias empat juta euro.

Jika ditotal, maka Real Madrid bisa mendapatkan keuntungan sebesar 10 juta euro dari Diego Llorente. Angka ini terhitung cukup besar mengingat Llorente tidak memberikan dampak yang besar terhadap klub asuhan Zinedine Zidane tersebut.

Pada dasarnya angka empat juta euro terbilang sangat kecil bagi Real Madrid yang kerap bertransaksi dengan nominal yang besar. Akan tetapi, di masa-masa sulit karena pandemi virus corona angka tersebut sangat berharga bagi mereka.

Seperti yang diketahui, juara bertahan LaLiga tersebut sedang berhemat ketat. Mereka belum mendatangkan nama-nama beken di dunia sepak bola sebagaimana yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan menurut kabar, manajemen klub sedang berupaya untuk mencapai kesepakatan dengan pemain mengenai pemotongan gaji sebesar 20 persen. Jika berhasil, Real Madrid bisa berhemat sampai 100 juta euro.

Terlebih demi menjaga stabilitas tim, presiden Real Madrid Florentino Perez rela timnya tidak merekrut pemain-pemain baru meski banyak yang bisa didapatkan secara gratis di bursa transfer musim panas ini.