Liga Indonesia

Jelang Hadapi Bali United, Pemain PSIS Kembali Jalani Tes Swab

Minggu, 27 September 2020 15:28 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Herry Ibrahim
© Alvin Syaptia/INDOSPORT
Penjaga gawang PSIS, M Fadli saat menjalani tes swab di me pemain, Minggu (27/09/20). Copyright: © Alvin Syaptia/INDOSPORT
Penjaga gawang PSIS, M Fadli saat menjalani tes swab di me pemain, Minggu (27/09/20).

INDOSPORT.COM - Seluruh pemain dan official PSIS Semarang yang didaftarkan di PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga kembali menjalani tes swab.

Tes swab yang ketiga bagi penggawa Laskar Mahesa Jenar tersebut dilakukan di Mes Pemain PSIS, Jalan Semeru, Kota Semarang, Minggu (27/09/20) pagi.

Pada tes swab kali ini, PSIS difasilitasi oleh PT LIB sebagai salah satu syarat protokol kesehatan jelang menghadapi laga lanjutan https://www.indosport.com/tag/15476/liga-1-2020Liga 1 2020. Tak hanya pemain dan official PSIS, tes swab kali ini juga diikuti oleh match commissioner asal Provinsi Jawa Tengah yang akan segera bertugas di kompetisi resmi.

“Tes PCR Swab kali ini adalah swab ketiga yg dijalankan oleh tim PSIS setiap 14 hari. Kali ini difasilitasi oleh PT LIB dimana menjadi kewajiban semua tim Liga 1 dan Liga 2 sebagai salah satu syarat pendaftaran pemain untuk pertandingan,” beber dokter tim PSIS, Alfan Nur Asyhar.

“Tes swab kali ini juga dibarengi teman-teman match commissioner asal Jawa Tengah yang juga akan bertugas di kompetisi,” imbuhnya.

Pria yang juga staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia ini menambahkan bahwa tes swab memiliki tujuan untuk memastikan seluruh pemain dalam kondisi yang sehat jelang laga perdana PSIS Semarang.

Selain itu, kondisi pemain yang sehat juga memberi rasa aman kepada seluruh komponen pertandingan dalam menjalankan tugas supaya tidak ada cluster penyebaran Covid-19 di pertandingan Liga 1.

“Tujuannya tes swab dalam rangka protokol kesehatan untuk memisahkan mana yang terinfeksi Covid-19 dan mana yang tidak terinfeksi. Supaya semuanya aman dan nyaman saat pertandingan berlangsung,” tandas Alfan.

Dokter tim PSIS ini lantas mengatakan bahwa pihaknya juga siap apabila ada pemain yang terpapar Covid-19. Namun ia berharap seluruh penggawa dan official PSIS dalam keadaan sehat dan bugar jelang dilanjutkannya kompetisi Liga 1.

“Jika ada pemain atau official tim yang positif maka kami tindak lanjuti untuk isolasi mandiri selama 10 hari, lalu dipastikan dengan swab tes setelah 10 hari tanpa gejala. Besok tim juga akan diliburkan sambil tunggu hasil tes swab. Lalu latihan kembali jika hasil sudah turun,” kata Alfan.

“Harapan kami semoga hasil semua negatif dan Liga 1 bisa kembali bergulir dengan aman dan produktif,” pungkasnya.

Di laga perdana Liga 1 2020 dengan status extraordinary competition, PSIS rencananya akan menghadapi tuan rumah Bali United di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul pada Jumat (02/10/20) malam.