Liga Inggris

Tottenham Jadi Mematikan, Mourinho Bisa Permalukan Manchester United

Minggu, 4 Oktober 2020 11:21 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Pelatih Jose Mourinho bisa buat Tottenham Hotspur mematikan di Liga Inggris sekaligus mempermalukan Manchester United. Copyright: © Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Pelatih Jose Mourinho bisa buat Tottenham Hotspur mematikan di Liga Inggris sekaligus mempermalukan Manchester United.

INDOSPORT.COM - Tottenham Hotspur bisa terlihat sangat mematikan di tangan dingin pelatih Jose Mourinho. Tak heran ia pun bisa saja mempermalukan Manchester United di pekan kelima Liga Inggris, Minggu (04/10/20).

Strategi counter attack alias serangan balik merupakan seni yang lazim dalam dunia sepak bola modern. Terlihat membiarkan pihak oposisi ambil inisiatif lebih dulu, lalu dengan skema apik pelatih andal bisa membuat jalannya permainan sudah ditebak.

Hal inilah yang menjadi ciri khas seorang Jose Mourinho yang dipercaya akan mampu melihat pola penguasaan bola dan passing dari kubu Manchester United. Melansir laman berita Daily Mail, jurnalis ahli, Paul Tisdale pun menyebut jika The Lilywhites akan sangat mengerikan.

Ya, strategi serangan balik sangat kental dengan ciri khas pelatih berjulukan The Special One itu dan terlihat kala Tottenham Hostpur menggila 5-2 atas Southampton di laga Liga Inggris. Son Heung-min dan Lucas Moura terlihat mengerti akan pola pikir sang pelatih.

Skema sempurna saat Tottenham Hotspur hancurkan Southampton. sumber: Daily MailPertandingan lawan Manchester United pun dipastikan bisa dikuasai dengan mudah. Alasannya? Sederhana, Mourinho dipercaya menggunakan serangan balik terkuat dengan melibatkan delapan pemain untuk memperkuat posisi bertahan sekaligus menyerang.

Saat sang juru taktik sukses lewat perannya bareng Chelsea, ia mengandalkan posisi bertahan yang bisa berubah ke bentuk serangan kepada Arjen Robben dan Damien Duff. Kedatangan Gareth Bale sejatinya akan menyempurnakan strategi Mourinho.

Meskipun kini masih dalam kondisi rehat karena cedera, Bale nantinya akan menjadi pengganti Robben dan Son Heung-min sebagai Duff baru. Formasi bertahan 4-5-1 pun bisa berubah secara dadakan menjadi pola serangan 4-3-3.

Sementara itu Ole Gunnar Solskjaer punya kecenderungan menggunakan enam pemain untuk bertahan dan quartet lain sebagai penyerang. Bruno Fernandes akan membantu trio striker Marcus Rashford, Anthony Martial, dan Marcus Rashford tanpa kontribusi bertahan.

Sepak terjang Manchester United yang terlalu bermain menyerang. sumber: Daily MailMinimnya peran pertahanan karena akan membebankan empat bek, tak heran membuat Manchester United bisa tak siap digempur Tottenham Hotspur. Pertandingan Liga Inggris ini juga sarat akan pembalasan Jose Mourinho kepada klub yang sudah membuangnya.