Liga Indonesia

Terkena Dampak Liga Ditunda, Tengok Kegiatan Wasit Berlisensi FIFA

Rabu, 7 Oktober 2020 19:12 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© pssi.org
Wasit Indonesia, Oki Dwi Putra. Copyright: © pssi.org
Wasit Indonesia, Oki Dwi Putra.

INDOSPORT.COM - Penundaan kick off Liga 1 dan Liga 2 2020, membuat pelatih klub peserta kompetisi kembali membuat program latihan untuk menjaga kebugaran anak asuhnya, hal tersebut juga dilakukan oleh wasit. 

Menurut salah seorang wasit, Oki Dwi Putra, penundaan kick off Liga 1 dan Liga 2 2020 membuatnya harus tetap menjaga kebugaran, agar saat kompetisi bergulir kembali kondisinya sudah dalam keadaan siap. 

Namun, untuk berlatih di tempat umum saat ini cukup sulit, lantaran pandemi Corona atau Covid-19 membuat beberapa fasilitah olah raga terpaksa ditutup. 

Sebelumnya, Oki mengaku kondisinya sudah siap untuk kembali memimpin pertandingan. Hanya saja dua hari menjelang kick off Liga 1 2020, PSSI memutuskan untuk menunda kompetisi selama satu bulan, dari Oktober ke November. 

"Covid sekarang ini, kita yang menjaga nama profesi ya harus tetap menjaga. Ada beberapa fasilitas olah raga yang ditutup, nah itu dengan adanya Covid ini semua dibatasi," kata Oki. 

"Ada yang di dekat sini, hanya untuk orang sekitar sini saja, sementara di luar susah untuk kita masuk ke daerah situ. Maka dari itu, jadi ya ada yang latihan ada yang tidak, menurun drop dan berkurang kondisi seseorang dan kita harus menjaga," ungkapnya menambahkan. 

Oki melakukan beberapa aktivitas untuk menjaga kebugaraan, selama kompetisi dihentikan, seperti bersepeda dan bermain sepak bola. Hanya saja, ia mengaku aktivitas tersebut kurang maksimal, karena berbeda dengan program latihan yang biasanya dilakukan seorang wasit. 

"Ya bersepedah saja, itu pun bagi yang punya ya. Atau enggak kita main bola seperti happy football, tapi itupun tidak akan maksimal, karena lain antara latihan dengan apa yang kita lakukan latihan secara intens di lapangan seperti wasit lain," ucapnya. 

"Paling mensisastinya dengan sprint pendek, senam-senam, yang penting ada keringat keluar ada target dalam satu hari," jelasnya. 

Wasit yang sudah mengantongi lisensi FIFA ini berharap, kompetisi bisa bergulir kembali dan pandemi Corona bisa segera berakhir. Agar, masyarakat bisa beraktivitas kembali dengan normal seperti sebelumnya.