Liga Indonesia

Dokter Tim Arema FC Pastikan Bruno Smith Terpapar Virus Bawaan

Kamis, 8 Oktober 2020 18:12 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Bruno Smith menjadi playmaker Brasil yg didatangkan Arema FC. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Bruno Smith menjadi playmaker Brasil yg didatangkan Arema FC.

INDOSPORT.COM - Dokter tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi Sp.KO memastikan bahwa hasil positif Covid-19 yang dialami Bruno Smith Nogueira Camargo merupakan virus bawaan atau pernah dialami sebelumnya.

Ini artinya, playmaker berusia 28 tahun tersebut tidak terpapar virus Corona ketika berada di Malang. Namun dari hasil analisa, kemungkinan besar Bruno Smith sudah pernah terindikasi positif Covid-19 sejak di Brasil.

"Hasil Swab PCR memang positif. Karena ada riwayat pernah terpapar sebelumnya," ujar Nanang Tri Wahyudi, Kamis (08/10/20).

Kendati demikian, pihaknya tetap tidak mau ambil resiko apa pun. Terlebih, angka kasus positif Covid-19 juga Maia tinggi di Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya.

"Kemungkinan sudah tidak infeksius (ada sisa) dari infeksi sebelumnya," beber dokter yang mengabdi di salah satu perusahaan BUMN di Jakarta itu.

Sehingga, penanganan Bruno Smith sama halnya seperti adanya kasus baru positif Covid-19 dengan menjalani isolasi dalam beberapa hari ke depan.

"Untuk pencegahan, kita tetap isolasi dia selama 10 hari, sebelum bergabung lagi dengan tim," sambung Nanang Tri Wahyudi.

Kepastian Bruno Smith Terpapar Covid-19 baru terlihat saat hasil Swab Test nya menunjukkan positif pada Selasa (06/10/20) lalu. Faktor itu pula yang membuat perkenalannya sebagai penggawa baru Arema FC harus tertunda pada Rabu (07/10/20).