In-depth

Uni Emirat Arab, Dulu Bikin Sakit Hati Kini Jadi Manis ke Timnas Indonesia U-16

Sabtu, 10 Oktober 2020 15:33 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© PSSI
Sempat membuat Skuat Garuda 'sakit hati', UEA yang ingin menantang Timnas Indonesia U-16 kini dapat lampu hijau. Copyright: © PSSI
Sempat membuat Skuat Garuda 'sakit hati', UEA yang ingin menantang Timnas Indonesia U-16 kini dapat lampu hijau.

INDOSPORT.COM - Timnas Uni Emirat Arab (UEA) nampaknya pantang menyerah jika beururusan dengan Timnas Indonesia. Sempat membuat Skuat Garuda 'sakit hati', UEA yang ingin menantang Timnas Indonesia U-16 kini dapat lampu hijau.

UEA sempat menolak permintaan uji coba dari Timnas Indonesia U-16 beberapa waktu lalu, namun mereka kembali mengirim surat yang berisikan menerima ajakan pertandingan melawan tim Garuda Asia.

Penerimaan setelah penolakan UEA terhadap tawaran uji coba melawan Timnas Indonesia U-16 disampaikan langsung oleh Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusri. Meski belum mengetahui kapan waktu pastinya, namun laga uji coba kedua tim diperkirakan akan digelar bulan ini.

"Dua hari lalu ada surat lagi dari UEA yang menerima Timnas Indonesia (U-16) untuk uji coba," ucap Yunus Nusi ketika dihubungi pewarta.

"Rencananya sih sebelum 21 Oktober ini. Rencananya uji coba ini akan berlangsung di UEA," jelas Yunus.

Timnas Indonesia U-16 yang ditangani Bima Sakti sendiri kini tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi Piala Asia U-16 yang rencananya bakal dihelat awal tahun depan. 

Sempat merencanakan bergabung dengan Timnas U-19 yang melakukan pemusatan latihan di Kroasia, Timnas U-16 diputuskan tetap menjalani training center di Indonesia.

Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China. Sehingga laga melawan UEA bisa menjadi simulasi awal untuk melawan tim-tim kuat Asia lainnya di Piala Asia pada 2021 mendatang.

Timnas U-16 sendiri akan kembali menjalani pemusatan latihan November mendatang. Bima Sakti mengabarkan jika timnya tidak menyusul ke Kroasia atau pun Turki dan Uni Emirat Arab, seperti yang diberitakan sebelumnya.

Ia akan memimpin latihan pada awal atau pertengahan bulan depan.

"Pemusatan latihan nanti (November) tetap di Indonesia," tutur Bima Sakti.

"Iya, rencananya untuk TC berikutnya di bulan November, awal Minggu atau di minggu kedua," tambahnya.

Sementara itu, berbicara mengenai Uni Emirat Arab yang akan menjadi lawan Timnas U-16 ada beberapa hal yang tak bisa dilupakan begitu saja.

Berikut INDOSPORT merangkum cerita saat UEA sukses membuat Indonesia sakit hati dengan kemenangan fantastis mereka saat kedua tim saling berhadapan. Namun kini menunjukkan sikap manis dengan menerima tawaran uji coba.