Bola Internasional

Mengenang Debut Ronaldo di Real Madrid, Pemain Lawan Sampai 'Caper'

Minggu, 11 Oktober 2020 16:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Matthias Hangst/Bongarts/Getty Images
Cristiano Ronaldo debut di Real Madrid saat melawan Shamrock Rovers pada tahun 2009. Copyright: © Matthias Hangst/Bongarts/Getty Images
Cristiano Ronaldo debut di Real Madrid saat melawan Shamrock Rovers pada tahun 2009.

INDOSPORT.COM - Mengingat momen debut Cristiano Ronaldo untuk Real Madrid saat melawan Shamrock Rovers pada tahun 2009, sampai membuat salah satu pemain bernama Pat Flynn 'caper' dan rajin mengiriminya pesan ‘mesra’.

Kedatangan Ronaldo ke Real Madrid dari Manchester United saat itu sempat menggemparkan jagat sepak bola dunia.

Menyusul terpilihnya Florentino Perez sebagai presiden, Los Blancos pun menghambur-hamburkan uang untuk belanja pemain. Dalam kurun waktu sepekan, mereka menciptakan rekor transfer sampai dua kali.

Ya, rekor tersebut adalah Ricardo Kaka dan Cristiano Ronaldo. Masih teringat jelas bagaimana puluhan ribu suporter memadati Santiago Bernabeu untuk menyambut CR7.

Setelah momen perkenalan yang hiruk pikuk tersebut, dunia sampai pada satu pertanyaan: kapan rekrutan fantastis seharga 94 juta euro ini akan memulai debutnya di Real Madrid?

Bukan di Bernabeu dengan kemeriahan para penggemar di markas sendiri, bukan pula di kandang rival LaLiga Spanyol, namun di sebuah area pinggiran kota Dublin, Irlandia.

Tempat tersebut bernama Tallaght, basis klub sepak bola Shamrock Rovers yang jadi lawan Real Madrid untuk agenda pramusim.

Kabar tentang kunjungan Real Madrid pun menyebar dan membuat orang-orang senang bukan kepalang. Setelah itu, kebahagiaan mereka semakin menjadi-jadi setelah mendengar kabar Ronaldo akan ikut serta.

Salah satu pemain Shamrock Rovers saat itu, Pat Flynn, mengakui pertandingan kontra Real Madrid pada 20 Juli 2009 itu memang membawa euforia bagi publik Tallaght, termasuk dirinya sendiri.

Bahkan, pria yang kini sudah pensiun tersebut sempat mengirim pesan ‘mesra’ lewat media sosial untuk Ronaldo pada tahun 2017. Isinya kurang lebih mengenang pertemuan mereka di laga Shamrock Rovers vs Real Madrid.

“Happy Anniversary, @cristiano, kenapa kau tidak membalas pesanku, aku tahu kau sudah membacanya karena sudah ada dua centang biru. Anyway, aku masih merindukanmu,” tulis Pat Flynn lewat Twitter pada tanggal 20 Juli 2017.

Jika pemainnya saja susah move on, apalagi para penonton ya? Terlebih lagi, saat Real Madrid datang, Tallaght mendapat atensi lebih yang tidak lazim mereka dapatkan.

Pers dan media berbondong-bondong mewawancarai Shamrock Rovers, yang diakui Flynn belum pernah terjadi sebelumnya. Jelas pemandangan seperti ini bukanlah yang mereka biasa temui sehari-hari.