Bola Internasional

Tiada Tanding, Ini 7 Pemain Indonesia yang Lakoni Debut Timnas Senior di Usia Belia

Senin, 12 Oktober 2020 17:29 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Berikut adalah tujuh pemain Timnas Indonesia yang menjalani debut seniornya di usia yang belia. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Berikut adalah tujuh pemain Timnas Indonesia yang menjalani debut seniornya di usia yang belia.

INDOSPORT.COM - Indonesia, negara tercinta kita satu ini dikenal dunia sebagai wilayah perairan yang sangat luas. Bahkan saking luasnya wilayah Indonesia, banyak pula warga Tanah Air yang memiliki potensi besar dalam olahraga sepak bola sejak dini.

Potensi-potensi besar yang mereka miliki ini nyatanya berdampak pada perubahan sepak bola di Indonesia. Salah satunya adalah sorotan mengenai keberhasilan mereka dalam melakukan promosi ke Timnas Indonesia senior di saat umur yang masih muda.

Keberhasilan para pemain bertalenta ini saat menembus skuat utama Timnas Indonesia bukanlah tanpa alasan. Kemampuan mereka ketika bergabung ke dalam Timnas Indonesia U-19 dan U-21 dinilai terlalu tinggi atau terlalu tangguh untuk di usia yang sepantaran dengannya.

Hal inilah yang membuat beberapa pelatih senior Timnas Indonesia tertarik untuk membawanya ke skuat Garuda. Rasa penasaran yang tinggi dengan skill individu maupun kerja sama tim yang mumpuni menjadi alasan utama para bakat muda Indonesia ini promosi dengan cepat.

Lantas, siapa sajakah ketujuh pemain muda Indonesia yang melakukan debut di Timnas senior di usia yang sangat belia ini? Berikut ringkasannya yang INDOSPORT rangkum dari Transfermarkt dan beberapa sumber lainnya.

Sebagai catatan, INDOSPORT hanya merangkum para pemain Timnas Indonesia sejak tahun 1999 hingga saat ini.

1. Bambang Pamungkas

© Bradley Kanaris/Getty Images
Bambang Pamungkas saat membela Timnas Indonesia Copyright: Bradley Kanaris/Getty ImagesBambang Pamungkas saat membela Timnas Indonesia

Pertama ada legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas. Pria yang dijuluki Bepe ini dikenal tidak hanya dari kalangan pencinta sepak bola Indonesia saja, tetapi juga dari kaum Hawa. Wajahnya yang tampan nan rupawan dan kerap muncul di berbagai acara televisi menjadi salah satu faktor dirinya turut dikenal oleh para masyarakat awam.

Namun tentu saja, Bepe tidak hanya menjual tampangnya tapi juga kemampuannya dalam bertransformasi menjadi seorang predaktor di lini depan Timnas Indonesia.

Pertama kali Bambang Pamungkas masuk ke dalam Timnas Senior Indonesia, tercatat saat dirinya masih berumur 18 tahun 11 bulan 23 hari. Dilansir dari Kompas, kala itu Bambang Pamungkas menjalani debut melawan Estonia pada 2 Juni 1999.

2. Boaz Solossa

© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Caption Copyright: Ratno Prasetyo/ INDOSPORTBoaz Solossa

Bintang dari Indonesia Timur ini bernama Boaz Solossa. Legenda hidup dari Tanah Papua ini menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia di umur 18 tahun 210 hari.

Kala itu, tepat pada tanggal saat ini yakni 12 Oktober, Boaz Solossa bertanding bersama Timnas Indonesia senior melawan Arab Saudi di tahun 2004.

Seperti dilansir dari Goal, debut pertamanya bersama Timnas Indonesia senior tak berjalan mulus untuk Boaz. Skuat Garuda kalah 1-3 di laga kualifikasi Piala Dunia 2006.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%