In-depth

Mourinho vs Southgate, Calon Seteru Baru Pelatih Klub vs Timnas?

Rabu, 14 Oktober 2020 19:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Jose Mourinho dan Gareth Southgate meributkan kondisi Harry Kane. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Jose Mourinho dan Gareth Southgate meributkan kondisi Harry Kane.

INDOSPORT.COM - Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, tengah terlibat perseteruan dengan pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, perkara Harry Kane.

Seperti diketahui, belum lama ini dua juru taktik kawak di dunia sepak bola tersebut kerap menghiasi pemberitaaan karena berbeda berseberangan pandangan.

Duduk permasalahannya, Southgate dinilai terlalu memaksakkan Harry Kane bermain di Timnas, padahal ia punya peran yang sangat krusial di skuat Spurs. Topik perdebatannya apa lagi kalau bukan soal potensi cedera.

Sungguh isu klasik yang sudah biasa kita dengar gaungnya nyaris setiap ada agenda jeda internasional. Biasanya, momen ini jadi momok mengerikan bagi para pelatih klub lantaran ada potensi satu atau sekian anak asuhnya kembali dalam kondisi tidak fit.

Untuk kasus Jose Mourinho dan Gareth Southgate sendiri, semua berawal dari kegelisahan The Special One terhadap tugas bela negara Harry Kane.

Untuk itu, ia pun meminta segenap staf pelatih Timnas Inggris untuk memahami para pemain, termasuk Kane, yang punya peran besar di skuat The Lilywhites.

Akan tetapi, Mourinho mengatakan ia tidak akan menelepon Southgate dan memohon-mohon padanya. Hal ini pun kemudian sampai ke telinga sang pelatih Timnas Inggris yang sempat memberi balasan menohok.

“Dia (Mourinho) tidak akan menelepon tapi dia akan berdiri di puncak stadion Tottenham dan memberi tahu kami. Saya rasa cukup keren,” ucap Southgate dikutip dari laman Daily Mail.

Perang mulut keduanya pun semakin memanas setelah Mourinho membalas ucapan Southgate. Ia mengingatkan dengan tegas bahwa Kane adalah bagian skuat Tottenham Hotspur yang sangat krusial.

Terlebih lagi, mereka juga memainkan laga-laga di kompetisi penting semacam Liga Inggris atau bahkan Liga Champions.

Kehadirannya sangat signifikan untuk Spurs yang tentunya punya agenda ambisius meraih banyak gelar setiap musimnya. Mereka bukan tim receh yang hanya bermain di kompetisi-kompetisi tidak penting.

“Yang bisa saya janjikan kepada teman saya, Steve Holland dan Gary (Southgate), kalian tidak perlu cemburu. Untuk teman saya, Gary, saya berjanji sampai akhir musim ini tidak akan memainkan Harry Kane satu menit pun di pertandingan persahabatan,” ujarnya.

Setelahnya, nama Jose Mourinho dan Gareth Southgate masih seliweran di banyak media. Bahkan, apa yang diucapkan The Special One di atas sempat berbuntut panjang karena ia memanggil Southgate dengan sebutan ‘Gary’. Ada apa?