Bola Internasional

Pep Guardiola Jadi Panutan Andrea Pirlo Sebagai Pelatih

Rabu, 14 Oktober 2020 10:13 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor:
© Chris Brunskill/GettyImages
Pep Guardiola Jadi Panutan Andrea Pirlo Sebagai Pelatih Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Pep Guardiola Jadi Panutan Andrea Pirlo Sebagai Pelatih

INDOSPORT.COM - Pelatih anyar Juventus, Andrea Pirlo ternyata diam-diam memiliki sosok panutan dalam menjalankan tugasnya sebagai juru racik Si Nyonya tua. Orang tersebut adalah Pep Guardiola pelatih dari Manchester City.

Pirlo boleh dibilang masih terhitung hijau di dunia kepelatihan. Mantan bintang AC Milan dan Juventus itu baru mengikuti kursus lisensi kepelatihan UEFA Pro pada Agustus 2019, serta menangani tim Juventus-U23 di bulan Juli 2020.

Belum genap sebulan menangani anak-anak muda Juventus, Pirlo naik jabatan sebagai pelatih utama Bianconeri menggantikan Maurizio Sarri pada Agustus lalu. Pria 41 tahun itu pun memimpin Cristiano Ronaldo dkk dalam mengarungi musim baru 2020/2021.

Penunjukkan Andrea Pirlo sebagai pelatih Juventus pun diragukan oleh beberapa pihak, lantaran rekam jejaknya yang masih nol dalam menangani tim besar. Meski begitu, dirinya berusaha untuk dapat membungkam segala kerisauan tersebut.

Peraih medali emas Piala Dunia 2006 itu mengaku ingin mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Pep Guardiola saat dulu merintis karier kepelatihan. Sama seperti Pirlo, Pep Guardiola merupakan mantan pemain top yang awalnya mengasuh tim muda, yakni di Barcelona, pada 2007.

"Guardiola adalah contoh bagi kami semua. Dia telah menunjukkan bahwa dirinya adalah salah satu yang terbaik, sejak masih menangani tim muda Barcelona hingga naik ke tim utama," kata Pirlo, dilansir dari Football Italia.

"Dia sudah membuktikan bahwa pelatih muda yang ingin mempromosikan permainan sepakbola menyerang adalah contoh yang patut diikuti," Pirlo menambahkan.

Lebih lanjut Pep Guardiola juga merupakan sosok yang menjadi panutan bagi Andrea Pirlo dalam hal kepelatihan. Pasalnya mereka berdua sama-sama lahir dari pemain dan melatih tim muda kemudian menjadi pelatih kepala.

"Kami semua memiliki ide masing-masing dan aku rasa kami perlu untuk terus maju. Namun yang jelas, dia adalah panutan bagi seluruh gerakan sepakbola," demikian kata Andrea Pirlo soal menjadikan Pep Guardiola sebagai panutannya.

Sebagai informasi, setelah menjadi pelatih di klub usia Barcelona, Pep Guardiola ditunjuk sebagai entrenador Blaugrana dan meraih kesuksesan di sana. Pria 49 tahun itu melanjutkan torehan jejak emasnya di klub lain seperti Bayern Munich hingga Man City.

Bersama Manchester City, Pep Guardiola sendiri juga bisa memberikan kontribusi yang nyata kepada klub sejak dirinya bergabung pada tahun 2016 silam. Ia berhasil memberikan beberapa gelar seperti Liga Inggris, Piala Liga Inggris, Community Shield.