Liga Italia

Pesan dari Kaka: Kalau Ingin Sukses, AC Milan Jangan Tiru Model Arsenal

Rabu, 14 Oktober 2020 15:52 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan pemain sepak bola AC Milan, Ricardo Kaka, memberikan nasehat penting bagi raksasa Serie A Liga Italia tersebut untuk jangan pernah meniru model Arsenal yang gagal total.

Pada 2019/20, AC Milan memulai musim dengan performa yang kurang menjanjikan. Bahkan, mereka sampai mengganti pelatih dari Gennaro Gattuso ke Marco Giampaolo dan akhirnya ke Stefano Pioli.

Meski demikian, sedikit demi sedikit Pioli mulai menemukan formula yang cocok. Ia mencoba mengganti formasi terlebih dahulu, lalu mulai mengubah susunan pemain yang dijadikan starter tiap pertandingan.

Hasilnya, tokcer. Sejak jeda corona, Milan mampu menjalani 12 laga tanpa kalah di Serie A Liga Italia. Bahkan, sampai musim ini di kancah domestik atau di kualifikasi Liga Europa, mereka juga belum kalah.

Hal ini lantas menjadi sorotan mantan playmaker mereka yang bernama Ricardo Kaka. Melansir dari Sempre Milan, ia memuji kinerja tim sekaligus memberi nasehat untuk jangan mengikuti Arsenal.

"Apa yang saya suka dari Milan sekarang? Gabungan antara pemain veteran dan pemain muda. Ini adalah hal yang sangat penting untuk dilanjutkan," ujar sosok berusia 38 tahun itu.

"Saya rasa, Elliot sudah berada di jalur yang benar bersama CEO (Ivan) Gazidis. Kinerja antara (Paolo) Maldini dan sebelumnya, (Zvonimir) Boban, juga sangat bagus," lanjutnya.

"Apakah pemain muda sudah cukup? Sangat jelas menurut saya. Coba kita tengok model yang dimiliki Arsenal. Bagus, tapi mereka belum memenangkan apapun dalam beberapa tahun terakhir."

"Kita butuh hal yang lebih nyata. Itulah hal yang menurut saya harus kita lakukan. Para Veteran dicampur dengan pemain-pemain muda dengan kualitas yang bagus," pungkasnya.

Menurut Ricardo Kaka, langkah yang dilakukan AC Milan sudah benar, yaitu memadukan pemain senior dengan pemain muda yang berkualitas tinggi.

Meski demikian, ia tampaknya sedikit melakukan kesalahan saat mengatakan bahwa Arsenal belum memenangkan apapun sejak beberapa tahun belakangan ini.

Sebab, klub yang berjuluk The Gunners itu pada kenyataannya sukses menjuarai Piala FA 2019/20 dan FA Community Shield 2020. Mungkin yang dimaksud Kaka adalah juara Liga Inggris.

Terlepas dari hal tersebut, Rossoneri memang terbukti berhasil meramu pemain veteran dan pemain muda dalam skuat asuhan Stefano Pioli tersebut.

Sehingga, AC Milan pun menjadi salah satu kandidat peraih scudetto musim ini. Karena, sampai pekan ke-3 kompetisi sepak bola Serie A Liga Italia 2020/21, mereka menghuni posisi dua dan belum pernah kalah sekalipun.