Liga Inggris

Rekor Individu 3 Legenda Chelsea di Liga Inggris yang Sulit Dipecahkan

Kamis, 15 Oktober 2020 19:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PATRIK STOLLARZ/AFP/GettyImages
Selebrasi Petr Cech. Copyright: © PATRIK STOLLARZ/AFP/GettyImages
Selebrasi Petr Cech.

INDOSPORT.COM – Sejak format baru Liga Inggris digelar pada tahun 1992, banyak pemain hebat dari seluruh penjuru dunia yang bermain di dalamnya. Tetapi, banyaknya pemain hebat yang ada hingga saat ini, diyakini sulit memecahkan rekor dari 3 legenda Chelsea.

Chelsea sebagai salah satu kontestan Liga Inggris kerap dihuni oleh pemain hebat yang didatangkan dari berbagai negara. Salah satunya adalah Didier Drogba.

Pria asal Pantai Gading ini didatangkan dengan harga mahal pada tahun 2004 dari Olympique Marseille atas permintaan pribadi Jose Mourinho ke Roman Abramovich.

Permintaan ini terbilang nyeleneh. Karena di saat bersamaan, Abramovich menawarkan Mourinho maestro sepak bola, Ronaldinho. Namun keputusan Mourinho sudah bulat.

Drogba pun didatangkan. Di awal kedatangannya, ia kesulitan menunjukkan performa terbaiknya. Namun seiring berjalannya waktu, ia menjadi juru selamat Chelsea kala meraih titel Liga Champions 2012.

Selain itu, Drogba menunjukkan kepiawaiannya dalam mencetak gol di Liga Inggris yang berbuah 4 gelar liga di mana ia mencetak 104 gol dalam 254 penampilan. Catatan itu membawanya menjadi pemain Afrika dengan torehan gol terbanyak di Liga Inggris.

Catatan itu pun sejatinya bertahan sejak tahun 2015. Namun rekor Drogba bersama Chelsea ini berpotensi dipatahkan dalam waktu dekat oleh Mohamed Salah.

Pasalnya Salah berada di usia matang dan hingga artikel ini dimuat telah mencetak 80 gol dalam125 penampilan. Ia hanya butuh 35 gol saja untuk mengalahkan rekor Drogba tersebut.

Meski Salah bisa memecahkan rekor Drogba yang berstatus salah satu pemain terhebat sepanjang masa Liga Inggris, namun masih ada beberapa rekor Chelsea baik dari sektor kiper hingga gelandang milik 3 legendanya yang bakal sulit dipecahkan dalam waktu dekat.

Berikut rekor 3 legenda Chelsea di Liga Inggris yang diyakini akan sulit dipecahkan.

1. Rekor Petr Cech: Clean Sheets Terbanyak (202 kali) dan Kebobolan Paling sedikit dalam 1 Musim (15 Gol)

Petr Cech datang ke Liga Inggris berbarengan dengan Drogba pada tahun 2004. Sejak kedatangannya, ia yang kala itu berusia 24 tahun telah menancapkan namanya sebagai yang terbaik di Inggris.

Bagaimana tidak? Cech mampu mencetak 24 clean sheets dalam 1 musim Liga Inggris dan hanya kebobolan 15 gol saja. 2 Catatan ini masih menjadi yang terbaik untuk sektor penjaga gawang.

Bahkan catatan ini ia teruskan dengan torehan 202 Clean Sheets (162 bersama Chelsea dan 40 bersama Arsenal) dalam 443 pertandingan mengalahkan rekor David James dengan 169 clean sheets dalam 572 penampilan.