Liga Spanyol

On This Day: Momen Bersejarah Debut Lionel Messi di Barcelona

Jumat, 16 Oktober 2020 11:12 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© fcbarcelonanoticias
Hari ini pada 16 tahun lalu, atau tepatnya 16 Oktober 2004, Lionel Messi menjalani laga debut bersama Barcelona yang menjadi awal dari perjalanan panjangnya. Copyright: © fcbarcelonanoticias
Hari ini pada 16 tahun lalu, atau tepatnya 16 Oktober 2004, Lionel Messi menjalani laga debut bersama Barcelona yang menjadi awal dari perjalanan panjangnya.

INDOSPORT.COM – Hari ini pada 16 tahun lalu, atau tepatnya 16 Oktober 2004, Lionel Messi menjalani laga debut bersama Barcelona yang menjadi awal dari perjalanan panjangnya.

Lionel Messi sempat menjadi perbincangan panas di bursa transfer kemarin. Bintang Argentina ini mengaku ingin meninggalkan klub yang sudah dibelanya selama hampir dua dekade, Barcelona. Meski demikian, saga tersebut akhirnya berakhir setelah La Pulga memutuskan bertahan di Camp Nou.

Dengan demikian, Messi pun melanjutkan kisah panjangnya bersama Barcelona, yang kini memasuki musim kedua puluhnya bersama Blaugrana.

Lionel Messi sendiri bergabung dengan Barcelona pada 2001. Ia meninggalkan klub lamanya, Newell’s Old Boy setelah Blaugrana berjanji akan membantunya dalam pengobatan hormon pertumbuhannya.

Tiga musim bermain bersama tim junior, Messi akhirnya naik ke tim utama. Momen debutnya di tim senior pun terjadi pada 16 Oktober 2004. Hebatnya lagi, pertandingan pertamanya itu adalah laga bergengsi yakni derby antara Barcelona dan rival sekota mereka, Espanyol.

Pertandingan tersebut digelar di markas Espanyol. Ketika itu, Barcelona masih dibesut oleh pelatih asal Belanda, Frank Rijkaard. Messi yang masih 17 tahun mengawali laga dengan duduk di bangku cadangan.

Barcelona berhasil unggul 1-0 lewat gol yang dicetak oleh gelandang asal Portugal, Deco, pada menit kesembilan, hasil umpan Samuel Eto’o.

Menit ke-82, Deco sang pencetak gol ditarik keluar dari lapangan oleh Rijkaard. Lionel Messi yang ketika itu masih menggunakan nomor punggung 30, ditunjuk untuk menggantikannya.

Menit bermain yang singkat membuat Messi tak banyak memberikan sumbangsih di laga tersebut. Ia sempat mendapat peluang mencetak gol usai sukses melewati Mauricio Pochettino, namun upayanya masih gagal menggandakan keunggulan Barcelona.

Messi sendiri mengaku sangat berterima kasih kepada Frank Rijkaard atas kepercayaan pria Belanda itu menurunkannya di pertandingan tersebut.

"Saya tak akan pernah lupa bahwa dia (Rijkaard) yang membukakan karier saya. Dia memiliki kepercayaan terhadap saya ketika saya baru 16 atau 17 tahun," ujar Messi.

Kurang lebih tujuh bulan seusai debutnya, Messi akhirnya sukses mencetak gol perdana untuk Barcelona. Momen itu terjadi di laga LaLiga Spanyol, Mei 2005, ketika menghadapi Albacete.

Menerima umpan dari Ronaldinho di injury time, Messi yang baru masuk di menit ke-88 sukses menundukkan kiper Raul Valbuena. Gol ini pun kemudian melahirkan selebrasi ikonik di mana Messi digendong oleh Ronaldinho.

La Pulga sendiri pada musim 2004/2005 itu hanya bermain 9 kali untuk Barcelona di semua kompetisi, dengan gol melawan Albacete itu menjadi satu-satunya gol yang dicetaknya sepanjang musim .

Musim berikutnya, menit bermainnya mulai meningkat menjadi 25 pertandingan di semua kompetisi. Sejak itu, Messi mulai menjadi andalan hingga saat ini. Secara total, ia telah mencatatkan 734 penampilan untuk Barcelona di semua kompetisi dengan sumbangan 635 gol dan 279 assist.

Tak cuma itu, bintang kelahiran Rosario tersebut juga sukses menghadirkan sejumlah gelar juara, termasuk 10 gelar LaLiga Spanyol dan 4 trofi Liga Champions. Di level pribadi, ia menorehkan rekor dengan 6 kali memenangkan Ballon d’Or.

Meski demikian, masa depan Lionel Messi bersama Barcelona masih dipenuhi tanda tanya. Kontrak sang bintang akan habis pada akhir musim ini, dan belum ada tanda-tanda ia bersedia memperbaruinya.

Menarik ditunggu apa yang akan terjadi akhir musim nanti. Apakah Messi akan melanjutkan perjalanannya di Barcelona dengan memasuki musim ke-21, atau justru melanjutkan kariernya bersama klub lain.