Liga Inggris

3 Pasangan Full-Back Terbaik di Liga Inggris Musim 2020/21

Sabtu, 17 Oktober 2020 15:26 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Sejak sepak bola memasuki era modern, peran full-back dipandang sebelah mata karena terbatasnya pergerakannya yang terbatas di sisi lapangan. Tak pelak, posisi ini pun banyak diabaikan para pecinta sepak bola.

Posisi full-back sendiri pertama kali diperkenalkan pada 1870 saat Jonathan Wilson memperkenalkan istilah full-back dalam formasi 2-3-5. Full-back di posisi ini berbeda dengan pengertiannya saat ini karena berada tepat di depan kiper atau yang kini disebut bek tengah.

Namun saat Brasil memperkenalkan formasi 4-2-4 pada 1950, barulah sematan full-back diberikan kepada dua bek yang mengapit dua bek tengah. Hingga saat ini, pengertian itu yang dipahami pecinta sepak bola di era modern dari kata full-back.

Secara detil, full-back bertugas untuk menjaga pertahanan di sekitar area sayap. Namun seiring berkembangnya pemainan, full-back kini pun tak hanya berfungsi untuk bertahan saja, melainkan juga untuk melakukan serangan.

Tak perlu jauh-jauh mencari contohnya. Cukup tunjuk nama Dani Alves. Pria yang berposisi sebagai bek kanan ini secara konstan mampu menampilkan peran berbeda dari fungsi full-back sebenarnya.

Ia mampu menciptakan peluang dan assist untuk rekan-rekannya. Secara tidak langsung, ia bersama para full-back kelas dunia lainnya mengevolusi tugas full-back di sepak bola modern ini.

Perubahan ini pun perlahan menyisir ke berbagai belahan dunia, termasuk Inggris. Di Liga Inggris, dalam 5 tahun terakhir, perubahan akan tugas full-back perlahan terlihat seiring formasi yang diterapkan.

Tak mengherankan jika dalam beberapa laga di Liga Inggris  para pecinta sepak bola bisa melihat jelas para full-back berlari hingga memasuki area lawan atau menjadi kreator bagi rekan-rekannya.

Di Liga Inggris sendiri hingga saat ini tim-tim besar hingga tim-tim papan bawah mulai melirik posisi full-back untuk melengkapi permainan dalam menyerang dan bertahan. Tak mengherankan jika saat ini banyak full-back dengan kualitas apik hadir di kompetisi terpopuler di dunia ini.

Berikut deretan pasangan full-back terbaik yang ada di Liga Inggris musim 2020/21 ini.