Liga Champions

Hasil Pertandingan Liga Champions Ajax vs Liverpool: The Reds Dinaungi Dewi Fortuna

Kamis, 22 Oktober 2020 03:56 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Twittter @LFC
Berikut hasil pertandingan antara Ajax Amsterdam vs Liverpool dalam matchday pertama Grup D Liga Champions 2020/21, Kamis (22/10/20) dini hari WIB. Copyright: © Twittter @LFC
Berikut hasil pertandingan antara Ajax Amsterdam vs Liverpool dalam matchday pertama Grup D Liga Champions 2020/21, Kamis (22/10/20) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan antara Ajax Amsterdam vs Liverpool dalam matchday pertama Grup D Liga Champions 2020/21, Kamis (22/10/20) dini hari WIB.

Bertandang ke markas Ajax, Liverpool harus bermain dengan krisis di lini belakang karena Virgil van Dijk dan Joel Matip cedera. Jurgen Klopp memainkan Fabinho sebagai bek tengah.

Absennya Van Dijk jelas kerugian besar bagi Liverpool. Hal itu terlihat saat Ajax mampu mengeksploitasi lini belakang Liverpool. Dipimpin Dusan Tadic, Ajax menekan The Reds di 20 menit pertama.

Di sisi lain, Liverpool memanfaatkan kecepatan dari Sadio Mane dan Mohamed Salah untuk membangun serangan. Sayangnya, lini belakang Ajax masih mampu meredam kecepatan mereka.

Memasuki menit ke-25, barulah Liverpool lebih banyak memegang kendali. Walau begitu, Ajax bukan tanpa perlawanan. Skuat asuhan Erik ten Hag masih menyulitkan Liverpool dengan counter attack cepat.

Ajax mendapatkan peluang emas untuk membuka skor di laga ini melalui Quincy Promes. Akan tetapi, Adrian dengan sigap berhasil memuntahkan bola.

Pada akhirnya Liverpool yang berhasil membuka gol pada menit ke-35. Gol ini terjadi karena bola tendangan Mane gagal disapu dengan baik oleh Tagliafico, sehingga masuk ke gawang sendiri.

Andrew Robertson sejatinya hampir membuat Liverpool menggandakan keunggulan. Melakukan solo run, Robertson kemudian menngoper bola ke Mo Salah. Sayangnya, Salah kurang sigap untuk mengeksekusi bola, sehingga pemain belakang Ajax mampu menutup celah.

Ajax juga nyaris menyamakan kedudukan lewat Dusan Tadic. Tadic berhasil melakukan lob yang mengelabui Adrian, tapi Fabinho melakukan penyelamatan apik.

Liverpool kemudian membalas dengan melakukan serangan cepat. Mane melakukan umpan ke dalam kotak penalti. Bola kiriman Mane mampu dipotong pemain lini belakang Ajax yang berada tipis di samping mistar.

Babak Kedua

Unggul satu gol, Jurgen Klopp masih berpikir timnya belum aman, sehingga ia memasukkan Jordan Henderson yang menggantikan pemain muda Curtis Jones.

Benar saja Ajax langsung mengancam di menit awal babak pertama. Davy Klassen mlepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang hanya membentur tiang gawang The Reds.

Liverpool nyaris saja menggandakan keunggulan. Berawal dari sepak pojok Robertson, Fabinho melakukan sundulan bola. Di saat yang bersamaan, Onana tak sempurna membaca arah bola. Beruntung bola masih melebar.

Tak berselang lama, Ajax melakukan serangan balik. Adrian kini menunjukkan kebolehannya dengan menepis tendangan dari Qiuncy Promes dari dalam kotak penalti.

Setelah itu, Jurgen Klopp melakukan langkah yang berani dengan menarik keluar tiga pemain depannya, yaitu Mane, Firmino, Salah yang diganti oleh Jota, Minamino, serta Shaqiri.

Pada menit ke-69, Minamino melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang mampu ditepis Onana. Tensi pertandingan pun semakin memanas memasuki menit 70-an karena Ajax berusaha mencari gol penyeimbang.

Pressing Diogo Jota nyaris membuat Liverpool mengandalan keunggulan. Jota hampir merebut bola dari Onana yang sudah keluar dari sarangnya, beruntung bek Ajax sigap menutup celah.

Ajax sendiri terus menekan lini pertahanan Liverpool. Walau tanpa Van Dijk, sektor pertahanan The Reds bisa dibilang lumayan solid karena mampu meredam serangan Ajax.

Jelang berakhirnya pertandingan, Liverpool kembali mendapatkan kesempatan emas melalui serangan balik. Onana tampil apik karena bisa memblok tembakan Wijnaldum.

Ajax punya peluang di menit-menit terakhir karena terjadi kemelut di depan gawang Liverpool. Namun, tendangan Ekkelenkamp masih melambung di atas mistar gawang. Liverpool pun menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Tagliafico.

Susunan Pemain Ajax vs Liverpool:

Ajax (4-3-3): Onana; Mazraoui, Schuurs, Martinez, Tagliafico; Klassen, Blind, Gravenberch; Neres, Kudus, Tadic.

Liverpool (4-3-3): Adrian; Robertson, Gomez, Fabinho, Alexander-Arnold; Jones, Wijnaldum, Milner; Mane, Firmino, Salah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%