Liga Indonesia

Jika Format Kompetisi Berubah, Ini Harapan Robert Alberts

Kamis, 22 Oktober 2020 03:35 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Media Officer Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap ada keadilan dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), jika kompetisi Liga 1 2020 digelar Januari 2021. Copyright: © Media Officer Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap ada keadilan dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), jika kompetisi Liga 1 2020 digelar Januari 2021.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap ada keadilan dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), jika kompetisi Liga 1 2020 digelar Januari 2021.

Menurut Robert Alberts, jika Liga 1 2020 digelar Januari 2021, maka format kompetisi akan berubah menjadi dua wilayah. Hal tersebut membuat hasil pada tiga pertandingan sebelumnya akan hilang.

Sebagai informasi, PSSI sudah menyusun sejumlah opsi agar Liga 1 2020 tetap bergulir. Pertama, menggulirkan kompetisi pada 1 November 2020 dan selesai pada Maret 2021.

Seandainya opsi pertama tak berjalan, maka PSSI akan membuat skema dan jadwal baru, yakni kompetisi akan digelar pada 1 Desember 2020 dan opsi ketiga yakni dimulai pada 1 Januari 2021.

Jika kompetisi digelar pada 1 Januari 2021, maka PSSI berencana membuat kompetisi menjadi dua wilayah karena keterbatasan waktu, sebab pada Mei - Juni 2021 PSSI memiliki hajatan besar yakni Piala Dunia U-20.

"Tentunya itu adalah sesuatu yang harus didiskusikan saya pikir. Karena jika liga diputuskan kembali dimulai pada Januari maka klub akan dibagi menjadi dua wilayah yang tiap grupnya diisi sembilan klub. Dan nantinya akan ada babak playoff 8 besar hingga ditentukan juaranya," kata Roberts Alberts.

Robert Alberts menuturkan, Persib Bandung akan menjadi salah satu tim yang dirugikan jika format kompetisi berubah, lantaran tim kebanggaan Bobotoh sudah mengoleksi 9 poin dan untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Liga 1 2020.

Meski begitu, demi sepak bola Indonesia dan masa depan kompetisi, pelatih Persib itu tetap melihat ke depan. Apalagi, pada 2021 Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. 

"Jadi apa yang terjadi pada tiga laga awal musim ini? Tentunya ini tidak adil untuk tim yang sudah mendapat banyak poin, tapi kami juga tidak bisa hanya melihat pada tim sendiri. Kami harus melihat dari sudut pandang sepak bola Indonesia, dan kami selalu bekerjasama untuk urusan perkembangan sepak bola di Indonesia," ucapnya.

"Karena akan ada Piala Dunia U-20 2021 dan kami harus memperhatikan juga motivasi pemain. Tapi untuk ini (nasib poin yang sudah didapat) tentu harus didiskusikan lagi soal apa yang adil dan yang tidak. Tapi gambaran terbesarnya adalah melihat sepak bola Indonesia," ujar Robert Alberts.

Sementara itu, pada manager meeting yang digelar di Yogyakarta bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Selasa (13/10/2020), seluruh klub termasuk Persib sepakat untuk melanjutkan kompetisi pada 1 November 2020.

Hanya saja, hingga saat ini pihak kepolisian belum memberikan izin keramaian, lantaran pandemi covid-19 masih tinggi dan fokus pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).